PENCOBAAN DI PADANG GURUN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-497:1 Di Na Humolso Rohangki
Di na humolso rohangki pasari hangoluan hi. Tibu bolonghononhu pe holsongku sasude. Ai i didokhon Jesus i, Tuhanta na di surgo i; na sumarihon ngolumi denggan sudena i.

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 1:5-19 (Pagi) Yos. 5:13-15 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Rabu 21 Februari 2018
Matius 4:4
Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

PENCOBAAN DI PADANG GURUN
Ayat ini adalah jawaban Yesus ketika Iblis mencobai Dia, setelah berpuasa selama 40 hari dan 40 malam, saat itu Yesus merasa lapar. Iblis berkata “Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti.” Tetapi Yesus tidak tergoda dan memberikan jawaban sebagaimana ayat ini. Sebagai manusia kita terdiri dari tubuh dan roh, ada kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Namun kita juga tidak boleh salah dalam mengartikan bahwa cukuplah kita membaca firman Tuhan untuk memenuhi kebutuhan rohani kita. Kita harus memahami lebih dalam makna dari “setiap firman yang keluar dari mulut Allah” bukanlah semata-mata hanya ayat-ayat yang tertulis dalam Alkitab, tetapi juga bermakna tentang kedaulatan Allah. Artinya segala sesuatu itu terjadi atas kehendak Allah, kita dimungkinkan tidak lapar meskipun kita tidak makan jika Allah berkehendak demikian.

Sepanjang hidup, kita tidak akan terlepas dari cobaan dan godaan Iblis, dan Iblis akan selalu mencobai pada kelemahan kita. Perasaan haus terhadap harta duniawi, nama baik dan kekuasaan akan menggiring kita untuk berbuat yang tidak sesuai kehendak Allah. Kita akan melakukan korupsi, mencuri dan berbuat curang. Kekuatan untuk bisa melawan godaan ini, kita perlu mengetahui, memahami dan melaksanakan Firman Tuhan dalam hidup kita. Firman Tuhan akan memberi kita kekuatan dan kemampuan untuk menimbang mana yang baik dan mana yang benar. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ 436:1 Lawanlah Godaan
Lawanlah godaan, s’lalu bertekun; tiap kemenangan kau tambah teguh; nafsu kejahatan harus kau tentang, harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s