JANGAN KERASKAN HATIMU


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-677:1 Mansai Lambok
Mansai lambok Tuhan Jesus manjou, manjou ho dohot au, ida Ibana paima haroromu mulak ma ho dohot au. Antong sai ro ma ho angka na sorat. Sai ro ma ho, mansai lambok
Tuhan Jesus manjou pardosa mulak ma ho.

PEMBACAAN FIRMAN
1Kor. 3:10-13 (Pagi) Yes. 6:9-13 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Kamis 15 Februari 2018
Ibrani 3:15
Tetapi apabila pernah dikatakan: “Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman.”

JANGAN KERASKAN HATIMU
Dalam banyak kesempatan Allah berbicara kepada manusia melalui Roh-Nya, namun oleh kesibukan kita, atau ketidakpedulian kita akan Firman Tuhan, atau ketidaksukaan kita untuk berdoa, kita tidak pernah lagi mendengar suara Tuhan. Sebaliknya kita hanya mendengar suara kita sendiri. Itu sebabnya sering kita menyaksikan banyak orang-orang percaya atau pengikut Kristus, yang hidupnya tidak sesuai dengan Firman Tuhan, misalnya sering mengucapkan kata-kata yang kasar, bohong, merendahkan orang lain, fitnah, memecah belah, gila hormat dan lain sebagainya. Mereka tidak peduli suara Tuhan yang meminta setiap orang percaya harus mengeluarkan kata-kata yang membangun, menasihati, menyatukan, membawa damai dan membawa berkat. Mereka mengeraskan hati.

Firman Tuhan mengingatkan dalam Amsal 28:12 “Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan Tuhan, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka.” Satu kenyataan yang harus dipahami setiap orang percaya adalah bila seseorang mulai mengeraskan hati mengerjakan suatu perintah Tuhan, maka dia akan cenderung tidak peka lagi terhadap suara Tuhan yang lain. Ketidakpekaan inilah membuat seorang percaya tidak lagi dapat merasa campur tangan Tuhan dalam hidupnya, padahal Tuhan ingin menuntun orang percaya di jalan yang benar, membaringkan orang percaya di padang rumput hijau dan membimbing orang percaya ke air yang tenang. Tidak heran, mengapa banyak orang percaya mengalami malapetaka karena tidak takut akan Tuhan. Mereka secara sengaja maupun tidak sengaja mengeraskan hati terhadap beberapa Firman Tuhan dan tidak sadar bahwa sikap ini dapat berdampak pada ketidak pekaan terhadap Firman Tuhan lainnya secara keseluruhan. Akuilah Tuhan dalam hidupmu, jangan keraskan hatimu dan hiduplah sepadan dengan panggilan Tuhan dalam hidupmu. Salam.

BERDOA

BERNYANYI – KJ-467:3 Tuhanku, Bila Hati Kawanku
Dan hari ini aku bersembah serta pada-Mu, Bapa, berserah,
berikan daku kasih-Mu mesra. Amin, amin.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s