BERTAHAN DALAM PENCOBAAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-504:1 Ditogu Tuhan Jesus Au
Ditogu Tuhan Jesus au, ido na mangapuli au. Di ganup dalan nang tung maol tanganNa do tongtong huhaol. Ditogutogu Jesus au tanganNa sai maniop au. Tongotong ma siseanNa au, paima boi tu surgo lao.

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 10:38-42 (Pagi) Maz. 44:1-5 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Senin 12 Februari 2018
Yakobus 1:12
Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.

BERTAHAN DALAM PENCOBAAN
Ayat renungan di atas merupakan ucapan Yakobus kepada para orang Kristen Yahudi yang ada di perantauan. Yakobus bertumbuh bersama Yesus, dia percaya bahwa Yesus adalah Tuhan setelah Yesus menampakkan Diri kepadanya setelah peristiwa kebangkitan. Setelah peristiwa perjumpaan tersebut, dia menjadi salah satu tokoh yang menyebarkan ajaran Kristus dan juga mendukung bahwa orang non Yahudi juga berhak mendapatkan pengajaran tentang kristus. Kalau dibaca secara menyeluruh ayat-ayat yang ada dalam Yakobus 1, terlihat jelas bagaimana kita harus bertahan terhadap segala pencobaan dalam hidup ini.

Ada beberapa hal yang harus kita pahami dari nas ini, antara lain: ujian terhadap iman menghasilkan ketekunan; ketekunan akan menghasilkan orang yang sempurna dan utuh serta tidak kekurangan suatu apapun; Allah akan memberikan hikmat kepada orang yang memintanya; Orang bimbang tidak akan menerima sesuatu dari Tuhan dan hidupnya tidak akan tenang; Segala orang kaya juga akan lenyap ditengah-tengah segala usahanya; Yang bertahan dalam pencobaan dan tahan uji akan memperoleh mahkota kehidupan dari Tuhan Allah; Allah tidak pernah mencobai siapapun tetapi manusia dicobai oleh keinginannya sendiri; Keinginan manusia itu akan melahirkan dosa dan ketika dosa itu matang maka orang itu akan berakhir dalam maut. Betapa tinggi, dalam serta luasnya pengajaran Yakobus yang didapatnya dari pengalamannya sendiri selama mengikut Yesus, marilah kita kuatkan iman percaya kita agar kita selalu lulus dari segala ujian kehidupan ini. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-446:4 Setialah
Setialah kepada Yang Menang, meski maut kautempuh. Setialah sehabis berperang terima upahmu: mahkota hidup diberi-Nya, kau masuk dalam t’rang ceria. Setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s