MENGANDALKAN TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-730:1 Sai Patau ma au Tuhan
Sai patauma diringku ale Tuhan, papatarhon hinauliMi Tuhan. Suru ma TondiMi saor tu rohangki, lao papatar holongMu tu donganki.

PEMBACAAN FIRMAN
2Pet. 3.1-13 (Pagi) Rat. 2.13-17 (Malam)

RENUNGAN HARIAN, Selasa 07 Nopember 2017
1 Rajaraja 20.11
Tetapi raja Israel menjawab, katanya: “Katakanlah! Orang yang baru menyandangkan pedang janganlah memegahkan diri seperti orang yang sudah menanggalkannya.”

MENGANDALKAN TUHAN
Banyak orang sulit untuk memperoleh kepastian dengan mengandalkan satu hal saja. Sebab itu mereka cenderung mengandalkan beberapa hal sebagai pedoman dalam hidup agar merasa lebih pasti dan lebih terjamin. Ahab adalah raja Israel yang tidak memiliki prinsip dan mengandalkan banyak hal, tergantung pada situasi dan kondisi. Kadang dia mau bekerjasama dengan bangsa yang menghina Tuhan, atau bersedia tunduk menjadi jajahan negara lain (ay.4) tetapi terkadang ia mengandalkan Tuhan juga (ay.13-16). Ahab sulit untuk mengandalkan Tuhan saja, meskipun Tuhan telah menunjukkan kuasa-Nya menumpas musuh-musuh Ahab/Israel.

Memang lebih mudah kita percaya bahwa Tuhan bertindak dalam hal-hal yang telah terjadi di masa lampau, seperti bagaimana Tuhan berbicara kepada Abraham, Musa, Petrus dan Paulus. Hal ini mudah dipercayai sebagai teori yang tidak melibatkan kita secara langsung. Untuk saat ini ketika kita terlibat langsung, kita kurang mampu mengandalkan Tuhan sepenuhnya dengan tulus, menyerahklan keinginan dan kekhawatiran dalam hidup ini untuk diatur dan ditentukan oleh Tuhan. Terlalu sulit menjadi orang yang hanya mengandalkan Tuhan saja, terutama jika kita kurang mempercayai bahwa perencanaan Tuhan atas kehidupan kita mencakup masa kini. Pada saat kita bersedia menyerahkan semua keinginan dan kekawatiran kita kepada Tuhan, sang penguasa dan penentu segala sesuatu kita akan menikmati arti sebenarnya dari kepastian dan jaminan.

BERDOA
BERNYANYI KJ-364:1 Berserah Kepada Tuhan
Berserah kepada Yesus tubuh roh dan jiwaku
Kukasihi kupercaya kuikuti Dia t’rus. Aku berserah, aku berserah kepada-Mu Juruslamat aku berserah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s