MEWARISKAN FIRMAN TUHAN KEPADA GENERASI MUDA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-497:1 Di na Humolso Rohangki
Di na humolso rohangki pasari hangoluan ki. Tibu bolong konon ku pe holsong ku sasude. Ai I didokkon Jesus i, Tuhanta na di surgo i, ai sumarihon ngolumi denggan sudena i.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Yoh. 5:1-5(Pagi)
Hab. 2:5-11(Malam)

RENUNGAN
Hakim-Hakim 2:10– Setelah seluruh angkatan itu dikumpulkan kepada nenek moyangnya, bangkitlah sesudah mereka itu angkatan yang lain, yang tidak mengenal TUHAN atau pun perbuatan yang dilakukan-Nya bagi orang Israel.

MEWARISKAN FIRMAN TUHAN KEPADA GENERASI MUDA

Bangsa Israel sudah memasuki tanah Kanaan dan mereka hidup dengan makmur dan bahagia. Tapi sesudah berlalu masa Yosua dan para nenek moyang mereka yang terdahulu maka bangkitlah para angkatan atau generasi yang tidak mengenal Tuhan Allah.

Pada ayat 11dan seterusnya disebutkan bahwa mereka melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Mereka beribadah kepada baal dan meninggalkanTuhan Allah. Sudah sering diingatkan Tuhan kepada bangsa Israel ketika mereka hendak memasuki tanah Kanaan agar firman Tuhan disampaikan terus menerus dan sungguh-sungguh kepada anak-anak mereka, yaitu generasi selanjutnya, agar setiap generasi tetap mengingat dan memuji Tuhan Allah (Ul.6:7-9). Jika bangkit generasi atau angkatan yang tidak mengenal Tuhan maka itu tidak terlepas dari apa yang diwariskan oleh generasi sebelumnya. Tuhan selalu mengutamakan untuk mengingatkan kepada bangsa Israel agar mewariskan firman Tuhan kepada anak-anak mereka. Warisan itu sangat berharga dan itulah yang utama.

Saudara yang kekasih, seruan firman Tuhan hari ini agar setiap generasi atau setiap angkatan adalah generasi yang mengenal Tuhan dan melakukan firman Tuhan. Untuk itu, marilah kita pada sekarang ini bersungguh-sungguh dan terus menerus mewariskan firman Tuhan kepada anak-anak kita. Ada beberapa keadaan yang bisa membuat kita melupakan tugas ini, yaitu: kesibukan pekerjaan, berada pada zona aman sehingga tidak sungguh-sungguh mewariskannya, tidak lagi belajar dan dekat dengan firman Tuhan, tidak lagi belajar kepada sejarah, dan selalu berpusat kepada diri sendiri bahwa mereka sanggup dan tidak membutuhkan lagi Tuhan dalam hidup mereka. Janganlah kita jatuh kepada keadaan di atas atau lainnya yang membuat keluarga kita jauh dari firman Tuhan. Marilah semua pihak yaitu keluarga, gereja, lingkungan, sekolah bersatu padu dan bekerjasama, saling membahu dan mendoakan memberikan perhatian yang serius kepada generasi muda. Tuhan memberkati. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-380:1 Asal Yesus Jua Tuhan Hidupku
Asal Yesus jua Tuhan hidupku, oleh sabda-Nya semua sukacita ku penuh. Biar ‘kusetia dan di jalan-Nya ku ikut Dia.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-465:1 Pasupasu LehononMu
Pasupasu lehononMu i do bagabaga Mi. Songon angka udan nene sai tu au maneteki. Nang tu au, nang tu au, pantektehon i tu au.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s