PILIH DAN LAKUKAN YANG BERGUNA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-186:1 Jahowa do Haposanhi
Jahowa do haposanhi, namangapoi rohangku. Napatiurhon dalanhi, bulus dibaen langkang ku. Sonang tongtong rohangkinon binaen ni Debatang ku, patikNa do lomongku.

PEMBACAAN FIRMAN
Hab. 1:5-17(Pagi)
Yak. 1:2-11 (Malam)

RENUNGAN
1 Korintus 6:12– Segalasesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apa pun.

PILIH DAN LAKUKAN YANG BERGUNA

Semua manusia menghendaki kebebasan. Bahkan ada tuntutan dari sekelompok masyarakat supaya kebebasan itu berlaku sebebas-bebasnya dengan alasan hak asasi manusia. Memperhatikan penciptaan manusia di Kejadian 2:16-17,lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.” Artinya, sejak awal Allah sudah memberikan kebebasan kepada manusia ciptaan-Nya itu.TapikebebasandalamTuhan.

Setelah seseorang menjadi percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya, pada saat itu dia telah memulai kehidupan yang bebas di dalam Tuhan. Bebas di dalam Tuhan artinya berhak memilih, mengambil keputusan dan melakukan sesuatu yang seturut dengan kehendak Tuhan. Tentu, kitamelakukannya agar bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Melalui nas hari ini, kita dapat belajar beberapa hal: 1. Kebebasan. Benar, Allah memberikan kebebasan dengan aturan dan akibat jika melanggar aturan yang Dia berikan (Kej 2 : 16-17). 2. Tanggung jawab. Allah memberikan kebebasan yang bertanggung jawab untuk mengelola ciptaan-Nya dengan benar. 3. Kuasa. Tuhan memberikan kuasa kepada manusia untuk melaksanakan perintahTuhan (Kej 2 : 28). Itulah makna kebebasan di dalam Tuhan. Sudahkah kita melakukannya sesuai 1Korintus 8:9 “Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah” dan 1Korintus 10:23 “Segala sesuatu diperbolehkan,” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.” Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-2:4 Suci, Suci, Suci
Suci, suci, suci! Tuhan Mahakuasa! Patut Kau dipuji seluruh karya-Mu. Suci, suci, suci murah dan perkasa. Allah Tritunggal, agung nama-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI BE-465:1 PasupasuLehononMu
PasupasulehononMuidobagabagaMi. Songonangkaudannenesaitu au maneteki. Nang tu au, nangtu au, pantektehonitu au.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s