KASIH KARUNIA DI HADAPAN ALLAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-210:1, O Tuhan na Marasi Roha
O Tuhan na marasi roha, na so tardodo jolma i. torop do halak si pardosa na rap mamuji goarMi. Dibaen basaM na godang i marhitehite Jesus i.

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 1 : 46-55 (Pagi)
Hak. 5 : 2-12 (Malam)

RENUNGAN
Lukas 1 : 30 – Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah”.

KASIH KARUNIA DI HADAPAN ALLAH
Ketika Maria didatangi oleh malaikat Gabriel untuk menyampaikan rencana Allah melalui dirinya spontan Maria terkejut dibarengi rasa waswas, dengan mempertanyakan di dalam dirinya, apa artinya salam yang diberikian malaikat itu. Malaikat itu tahu apa yang sedang dipikirkan atau sedang dipergumulkan Maria, dia melihat ada nada ketakutan di dalam diri Maria.
Lalu untuk meneguhkan hati Maria dalam menerima pemberitahuan rencana Allah itu, malaikat Gabriel mengatakan: “Jangan takut!” karena kalau dia dalam keadaan takut Maria bisa salah mendengar atau salah menanggapinya. Hati Maria perlu ditenangkan untuk benar-benar dalam keadaan siuman atau stabil menghadapi apa yang akan terjadi. Maria beroleh kasih karunia di dihadapan Allah. Dia terpilih menjadi ibu yang melahirkan Yesus. Ini adalah karunia yang mahal, yang tak pernah dapat diberikan dunia ini. Maria sebagai alat penyelamatan Allah bagi dunia ini.

Saudaraku! Kita juga bisa merasa takut bila berhadapan dengan Allah bila kita tidak mengerti apa rencana atau kehendak Tuhan yang akan kita lakukan. Ternyata, rasa takut itu menghalangi untuk mengerti maksud dan rancangan Tuhan untuk itu mari kita selalu menjauhkan diri dari rasa takut. Kita tidak perlu meragukan kesungguhan hati Allah dalam memilih kita sebagai alat di dalam rencana penyelamatan-Nya, justru sebaliknya kita harus bersyukur kalau kita masih diberi kesempatan yang baik untuk setiap rancangan-Nya. Kita tidak perlu takut akan apa risiko yang akan kita hadapi karena kita akan tetap dalam naungan kasih karunia Allah. Kasih karunia Allah selalu bernilai positip dan tidak pernah mencelakakan. “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan” (Yer. 29:11). Apapun yang dirancangkan Tuhan untuk kita atau melalui apa yang akan kita lakukan mari kita Aminkan sebagai rancangan damai sejahtera. Amin.

BERDOA
BERNYANYI, KJ-345:4, Sertai kami Tuhan
Sertai kami Tuhan, berkat-Mu turunlah. Kuasa-Mu Kaulimpahkan penuh karunia.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do. Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s