ALLAH MENENTUKAN JALAN HIDUPMU


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-227:1, Jesus Ngolu ni Tondingku
Jesus ngolu ni Tondingku, Ho do haporusanki.
Gok di Ho nama diringku, ro di nasa langkangki.

PEMBACAAN FIRMAN
Fil. 3 : 7-11 (Pagi)
Hab. 2 : 1-5 (Malam)

RENUNGAN
Amsal 16 : 33 – Undi dibuang di pangkuan, tetapi setiap keputusannya berasal dari pada TUHAN.

ALLAH MENENTUKAN JALAN HIDUPMU
Ada banyak rencana, keinginan, cita-cita dari setiap manusia seperti dalam lagu Batak dikatakan “Marragam-ragam do anggo sinta-sinta di hita manisia, marasing-asing do anggo pangidoan ni ganup-ganup jolma”. Berbagai cara, usaha yang dilakukan manusia untuk mencapai cita-cita dan keberhasilan, ada dengan cara mencari kekuatan duniawi, orang pintar dunia, kepada pusara nenek moyang, pohon besar, batu besar ataupun ke puncak gunung.
Namun, orang percaya kepada Tuhan menggantungkan pengharapan dan cita-citanya hanya kepada tuntunan kasih Allah, karena dia sadar bahwa Allah yang empunya segala sesuatu yang ada di bumi ini. Dialah yang memutuskan dan menentukan jalan hidup manusia. Orang yang menggantungkan pengharapan dan cita-citanya kepada kekuatan dunia ketika mengalami kegagalan atau tidak berhasil cenderung putus asa, bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya. Sangat berbeda dengan orang percaya kepada Tuhan, dia tidak mau putus asa ketika gagal dan selalu berusaha untuk bangkit.

Orang percaya selalu mengandalkan Tuhan. Dia senantiasa hidup di dalam doa. Dia yakin dan percaya bahwa Allah yang memutuskan atau menentukan jalan hidup manusia. Dia meyakini bahwa keputusan dari Allah maupun rancangan Allah pasti mendatangkan kebaikan dan suka cita. Ada kalanya sesuatu yang kita harapkan akan kita peroleh sudah di depan mata, kita yakin akan memperolehnya, sudah pasti di tangan, namun kalau Tuhan tidak berkenan bisa saja hal itu tidak kita peroleh. Hal ini berarti bahwa ada sesuatu kekuatan yang luar biasa di luar diri dan kemampuan kita yaitu Allah yang empunya segala sesuatunya dan yang berhak atas segala sesuatu yang ada di bumi ini. Dialah yang memutuskan atau menentukan apakah kita layak atau tidak untuk menerimanya. Jesaya 55:8 mengatakan: “Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku”. Allah mengetahui segala yang kita kerjakan, pikirkan dan rencanakan. Marilah selalu berserah kepada pimpinan Tuhan Allah!

BERDOA

BERNYANYI, KJ-417:1, Serahkan pada Tuhan
Serahkan pada Tuhan seluruh jalanmu, kuatirmu semua ditanggung-Nya penuh.
Sedangkan angin lalu dituntun tangan-Nya, pun jalan di depanmu, Tuhan mengaturnya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do. Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s