TUHAN MEMPERHATIKANMU!


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-6:2 Puji Jahowa na Sangap
Puji Jahowa Sigomgom sude parluhutan.
Na manogihon ho songon niiring ni tangan.
Dohot hosam, songon hombar tu roham sai diramoti Ibana.

PEMBACAAN FIRMAN
Bil. 36 : 1-13 (Pagi)
Rom. 5 : 6-11 (Malam)

RENUNGAN
Matius 10 : 30-31 – Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya. Sebab itu janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.

TUHAN MEMPERHATIKANMU!
Benarkah Tuhan Yesus tahu berapa helai rambut kita? Ya Yesus tahu! Apakah Yesus pernah menghitung jumlah rambut kita? Tidak! Jadi, kalau memang Tuhan Yesus tidak pernah menghitungnya, kok Dia tahu? Kan, dia Tuhan! Rambut adalah bagian tubuh kita yang paling halus, paling lembut, dan paling tipis. Meskipun rambut paling tipis, tapi Tuhan tetap memperhatikannya.

Burung pipit adalah burung yang paling kecil dari kelompok unggas, karena itu juga burung yang paling lemah di antara banyak burung. Dalam tradisi ibadah Israel burung pipit adalah jenis persembahan terkecil dari banyak hewan persembahan. Namun, meskipun burung pipit kecil dan lemah, Tuhan tetap memperhatikan hidupnya.

Saudara, perkataan Yesus hari ini ingin meyakinkan kita, bahwa Dia tahu, memperhatikan dan peduli pada seluruh kehidupan kita. Sekecil apapun yang terdapat dalam diri kita, Tuhan tahu. Selain fisik, Yesus tahu apa harapan, pergumulan, dan cita-cita masa depan kita. Tuhan memperhatikan burung pipit yang kecil dan rajawali yang besar. Burung saja Yesus pedulikan, apalagi manusia. Tuhan memperhatikan persembahan kecil berupa burung pipit saja dan persembahan besar berupa lembu tambun jauh ke lubuk hati si pemberi. Bukan hendak membanding-bandingkan persembahan, tapi mau menegaskan bahwa tidak satu pun yang terluput dari perhatian Tuhan. Tuhan tahu apa yang kita pikirkan dan lakukan. Tuhan tahu apa motivasi kita. Tuhan tahu apa kebutuhan hidup kita. Tuhan tahu sedang apa kita sekarang, apa yang kita kerjakan besok, dan bagaimana masa depan kita nanti. “Sebab itu janganlah kamu takut”, kata Yesus. “…karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” Jangan takut dan kuatir, sebab hidup kita lebih berharga di mata Tuhan dari sekedar menghitung jumlah rambut kita. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-385:1 Burung Pipit yang Kecil
Burung pipit yang kecil dikasihi Tuhan.
Terlebih diriku dikasihi Tuhan.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok, badia do Ho

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s