TUHAN MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI ORANG PERCAYA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-693: Jesus do Tuhan
Jesus do Tuhanku Sihophop au on Ibana do haposanki.
TanganNa na gogo manogu au on, patogu au di langkangki.
Tuhanku tongtong sumarihon au on martua sonang tondingkon.
Holong ni rohaNa pahisar au on mardame tongtong rohangkon mardame tongtong rohangkon.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Pet. 1 : 3-9 (Pagi)
Zak. 6 : 9-15 (Malam)

RENUNGAN
Kejadian 24 : 7 – TUHAN, Allah yang empunya langit, yang telah memanggil aku dari rumah ayahku serta dari negeri sanak saudaraku, dan yang telah berfirman kepa-daku, serta yang bersumpah kepadaku, demikian: kepada keturunanmulah akan Kuberikan negeri ini – Dialah juga akan mengutus malaikat-Nya berjalan di depan mu, sehingga engkau dapat mengambil seorang isteri dari sana untuk anakku.

TUHAN MEMBERIKAN YANG TERBAIK BAGI ORANG PERCAYA
Kisah Ribka dipinang bagi Ishak (Kej. 24:1-67) termasuk sebuah peminangan yang langka. Langka karena Ishak dan Ribka belum saling mengenal, begitu juga kedua orangtua mereka. Pencarian istri bagi Ishak berdasarkan iman percaya kepada Tuhan bahwa Dia akan menunjukkannya. Abraham mengutus hambanya untuk meminang istri dari kampung halamannya bagi Ishak, dia percaya Tuhan akan menunjukkan yang terbaik. Abraham mengatakan bahwa malaikat Tuhan akan menyertai perjalanan hambanya itu. Saudara, Tuhan telah menjanjikan kepada Abraham menjadi bangsa yang besar, nama yang masyhur dan menjadi berkat. Oleh karena itu, persoalan anak, jodoh dan harta itu bukanlah sebuah perkara yang sulit bagi Tuhan. Hal itu telah dialami oleh Abraham.
Saudara, kita adalah anak-anak Abraham bahkan disebut juga sebagai anak-anak Tuhan. Pasti Dia memberikan yang terbaik juga bagi kita. Nas ini menguatkan kita di tengah banyaknya pergaulan anak muda tidak lagi di dalam terang akan Tuhan. Pergaulan yang didasarkan atas nafsu, harta, dan hal-hal lainnya yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan Allah. Begitu juga mereka yang telah lama. Bagaimana kita bisa mengamini bahwa Tuhan akan memberikan yang terbaik? Tetaplah percaya dan berdoa kepada Tuhan. Dia pasti memberikan yang terbaik. Satu hal bahan perenuangan, mungkinkah kita sekarang ini diajarkan untuk mengimani bahwa menjomblo adalah hal terbaik daripada menikah dengan orang yang tidak didasarkan kepada kehendak Tuhan yang selalu berakhir dengan hal-hal yang tidak baik?

BERDOA
BERNYANYI, KJ-406:1, Ya Tuhan Bimbing aku
Ya Tuhan bimbing aku di jalanku, sehingga ‘ku selalu bersama-Mu. Engganlah ‘ku melangkah setapak pun, ‘pabila Kau tak ada di sampingku.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s