MENGATASI HOAX


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-268:1 Debatangku do donganku
Debatangku do donganku, ganup ari, ganup taon.
Tumpahanna do langkangku, urupanNa au manaon.
Pos do rohangki disi, Debata do donganki salelenglelengna i.

PEMBACAAN FIRMAN
Rom. 16 : 17-20 (Pagi)
Rom. 12 : 1-25 (Malam)

RENUNGAN
Yehezkiel 11 : 19 – Aku akan memberikan mereka hati yang lain dan roh yang baru di dalam batin mereka; juga Aku akan menjauhkan dari tubuh mereka hati yang keras dan memberikan mereka hati yang taat.

MENGATASI HOAX

Tubuh manusia dilengkapi dengan berbagai organ-organ tubuh yang berfungsi untuk mengolah makanan dan minuman. Hasil olahan itu ada yang berguna dan ada tidak berguna yang harus dibuang. Jika organ-organ tubuh tidak berfungsi dengan baik maka pengolahan tidak berfungsi dengan baik maka kita akan sakit. Untuk itu perlu dijaga agar organ-organ tubuh berfungsi dengan baik.
Mata dan telinga merupakan organ tubuh yang mengelola berbagai hal yang dilihat atau didengar untuk dikirimkan ke otak, lalu memutuskan apa yang harus dilakukan. Pengelolaan ini ternyata tidak mudah. Data menunjukkan bahwa dalam sehari rata-rata orang Indonesia berada di depan layar: TV, PC/Laptop/Tab, Smartphone selama lebih dari 15 jam.”. Berbagai informasi masuk begitu saja, ada yang bisa dijamin kebenarannya atau bisa juga berupa kabar yang tidak jelas kebenarannya (hoax). Kalau hoax kita terima begitu saja, akan menimbulkan perasaan yang salah, dapat berupa kegirangan tapi bisa juga berupa ketakutan. Kegirangan ataupun kekuatiran secara berlebihan pastilah akan menjadi penyakit. Hoax ini sangat perlu dikelola dengan baik.

Menyerahkan diri pada Tuhan, adalah satu-satunya cara untuk menghadapi jaman ini. Hanya Tuhanlah andalan kita untuk bisa menyaring itu semua. Tuhan harus ada di dalam diri kita, untuk memampukan mata, telinga, otak dan hati kita menyerap yang baik dan menolak atau membuang segala yang buruk. Untuk dapat menjamin itu, biarlah kita membiasakan mata, telinga, otak dan hati kita mendengarkan firman Tuhan, berdoa, bersekutu, berdiskusi dengan teman-teman seiman dan aktif dengan berbagai kegiatan rohani di gereja atau dimanapun kita berada.

BERDOA
BERNYANYI, KJ-40 : 1 Ajaib Benar Anugerah
Ajaib benar anugerah pembaru hidupku!
‘Ku hilang buta bercela, oleh-Nya ‘ku sembuh.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-566 : 1 Na Badia
Na badia do Ho, dipuji rohangkon do
Diboto rohangkon do mandok,
badia do Ho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s