KASIH MEMANGGIL KITA UNTUK MERDEKA


RENUNGAN
Galatia 5 : 13 – Saudara-saudara, me-mang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan un-tuk kehidupan dalam dosa, melainkan laya-nilah seorang akan yang lain oleh kasih.

KASIH MEMANGGIL KITA UNTUK MERDEKA
Merdeka! Merdeka! Merdeka! Perkataan itulah yang diungkapkan, disuarakan oleh seluruh rakyat Indonesia baik yang berada di dalam maupun di luar negeri pada hari ini 17 Agustus 2015 di Ulang Tahun ke-70 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sudah 70 tahun bangsa kita menikmati kemerdekaan dari penjajahan setelah 350 tahun dijajah.
Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.” Inilah salah satu ikrar dari kemerdekaan Indonesia. Peperangan ternyata memberi dampak buruk seperti kehancuran, kebinasaan, dan penderitaan. Harapan dari kemerdekaan itu tentunya terciptanya hidup penuh damai sejahtera, makmur, dan sejahtera. Hanya saja, kelihatannya banyak masyarakat yang miskin, menderita, tertekan, tertindas, teraniaya, tidak menerima keadilan. Tidak sedikit yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin, tertindas, tertekan. Penghayatan terhadap nilai-nilai kebangsaan itu pun kini seolah-olah luntur disebabkan kesalahan pemaknaan dan perbedaan kepentingan.  Apakah solusi agar seluruh masyarakat ikut terpanggil dalam mengisi kemerdekaan? Tentu yang utama seluruhnya terpanggil untuk lebih menghayati, mengimani ajaran agamanya masing-masing dengan baik, agar tidak menggunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan hidup dalam dosa. Buah dari kemerdekaan itu terpanggil saling melayani satu sama lain oleh kasih. Tuhanlah yang mengaruniakan kemerdekaan melalui Anak-Nya Yesus Kristus. Sebagai orang yang percaya kepada Kristus tetaplah hidup di dalam Kristus. Merdeka pun di dalam Kristus. Merdeka untuk melayani dan memuji Kristus bukan merdeka untuk berbuat dosa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s