TIADA YANG SEPERTI-MU TUHAN


RENUNGAN
Yeremia 10 : 6 – Tidak ada yang sama seperti Engkau, ya TUHAN! Engkau besar dan nama-Mu besar oleh keperkasaan.

TIADA YANG SEPERTI-MU TUHAN
Agustinus seorang teolog besar, mengakui bahwa ada dosa dan kegelapan dalam dirinya pada masa lalunya. Sebutlah nama-nama yang menurut kita, memberi perubahan besar bagi dunia ini, selalu saja ada ruang yang buruk baginya.
Benarlah ungkapan bahwa tidak ada gading yang tak retak. Kaisar-kaisar pada masa kerasulan yang sangat kejam, seperti Caligula, Nero dan sebagainya, mereka mengagungkan nama mereka sampai menyuruh seluruh rakyatnya menyembahnya, akhirnya mati dan berlalu juga. Kapal Titanic yang dipuji bahwa dialah yang terbesar dan terhebat, ternyata tenggelam juga. Kisah di Alkitab yaitu, pembangunan Menara Babel, sekaligus pembangunan kecongkakan manusia ternyata berhenti juga dan masih banyak hal lagi yang boleh disebutkan.

Saudara, Firman Tuhan hari ini mengajak kita berseru dan mempercayai bahwa Tidak ada yang sama seperti Tuhan. Dia besar dan nama-Nya besar. Raja Daud dan Salomo yang namanya mahsyur, mereka juga tunduk menyembah dan mengakui kebesaran dari Tuhan Allah. Banyak para teolog, pemikir, teknokrat, ahli-ahli, para pemimpin dunia yang justru penuh kerendahan hati di hadapan Allah mengakui kebesaran nama Allah. Mereka bersaksi bahwa Tuhan Allah menolong dan berkarya dibalik semua kesuksesan mereka. Dari nas hari ini, kita belajar: pertama, janganlah membesarkan nama dengan menghalalkan segala cara. Justru Yesus mengatakan bahwa siapa mau menjadi yang terbesar haruslah dia menjadi terkecil dengan menjadi pelayan. Kedua, janganlah mau tunduk menyembah atau berbakti kepada apapun di dunia ini selain Allah karena semuanya itu tunduk kepada Allah. Tulah yang kesepuluh bagi bangsa Mesir, akhirnya Firaun dan para dukunnya mengakui Tuhan bangsa Israel besar dan perkasa. Yesus yang membangkitkan puteri Yairus, Lazarus dan Dia bangkit dari kematian menunjukkan bahwa Dia berkuasa atas kehidupan dan kematian. Percayalah!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s