Kutuk menjadi berkat


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-194 : 1, Aut so asi rohaM
Aut so asi rohaM Aut so godang basaM, tudia au?
Alai dibaen basaM dohot asi rohaM tu surgo au.

PEMBACAAN FIRMAN
2 Kor. 7 : 2-16 (Pagi)
Kid. 1 : 16-22 (Malam)

RENUNGAN
Ulangan 23 : 5 – Tetapi TUHAN, Allahmu, tidak mau mendengarkan Bileam dan TUHAN, Allahmu, telah mengubah kutuk itu menjadi berkat bagimu, karena TUHAN, Allahmu, mengasihi engkau.

KUTUK MENJADI BERKAT

Kita tidak tahu pasti kalau ada orang yang menerima atau tidak menerima kehadiran kita. Banyak faktor yang membuat orang lain menerima atau tidak menerima kehadiran kita. Suku, ras, agama, pekerjaan dapat menjadi faktor-faktor penyebab perbedaan. Karena kita orang Batak dan beragama Kristen mungkin saja menjadi faktor penyebab kita tidak diterima orang lain.

Manusia sangat mudah terpengaruh oleh kejadian yang pernah dialaminya atau orang lain dengan menerima anggapan masyarakat. Berita negatif sangat cepat menyebar dan masyarakat menerimanya sebagai suatu kebenaran, karena tidak mau mengambil resiko jika kejadian buruk akan menimpanya. Demikian jugalah tanggapan Raja Balak bin Zior, raja Moab, atas kehadiaran bangsa Israel yang telah berkemah di Tanah Moab di daerah sebelah timur sungai Yordan. Raja Balak telah mendengar kabar bahwa bangsa Israel berhasil mengalahkan raja Sihon, raja orang Amori dan raja Basan yaitu Og (Bil 21:21-35). Merasa kerajaannya terancam oleh kehadiran bangsa Israel yang sudah berkemah dekat dengan wilayahnya, maka Raja Balak berusaha mencegahnya dengan meminta bantuan dan pertolongan dari Bileam bin Beor yang sudah terkenal dengan ilmu tenungnya. Raja Balak menginginkan agar Bileam mengutuk bangsa Israel, tetapi Tuhan membungkamnya sehingga yang dilakukan Bileam adalah yang sebaliknya yaitu memberkati bangsa Israel. Tuhanlah yang menjaga uma-Nya bangsa Israel, Tuhanlah yang membuat Bileam tidak berdaya melakukan tenung mengutuk Bangsa Israel.

Anak-anak Tuhan tidak perlu takut dan khawatir ketika ada orang yang hendak berniat jahat kepada kita. Percayalah kepada Tuhan karena Dia akan menjagai anak-anak-Nya dan Dia sanggup merubah kutuk dan niat jahat orang menjadi berkat. Amin.

BERDOA
BERNYANYI, KJ-393 : 1, BagiMu Tuhan nyanyianku
Bagi-Mu Tuhan nyanyianku kar’na setara-Mu siapakah?
Hendak ku puji Kau selalu padaku Roh Kudus berikanlah.
Supaya dalam Kristus Putra-Mu Kidungku berkenan kepada-Mu

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi,
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s