Muliakan Tuhan


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-565 : 1, Las rohangku lao mamuji
Las rohangku lao mamuji Debata parholong i.
Songon bunga na mangerbang di na binsar ari i.
Arsak, dosa, haporsuhon mago dibaen asiMi.
Las roha na manontong lehon di au Tuhanki.

PEMBACAAN FIRMAN
Mar. 6 : 45-52 (Pagi)
Yos. 10 : 1-14 (Malam)

RENUNGAN
Mazmur 8 : 6 – Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.

MULIAKAN TUHAN

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering kagum dengan seseorang. Baik dengan sifatnya, kebaikannya, keluarganya, kesuksesannya, pekerjaannya, dan sebagainya. Tetapi kekaguman kita terhadap dunia dan manusia terkadang tidak langgeng, karena sifat kekaguman itu hanyalah sementara. Demikianlah dalam nas ini, pemazmur (Daud) kagum akan ciptaan Tuhan, dia kagum akan karya-karya Tuhan di dunia ini.

Oleh kekagumannya itu tergeraklah hatinya untuk memuji serta memuliakan Tuhan disepanjang hidupnya. Tidak ada kekaguman yang lebih dahsyat selain kekaguman yang diperbuat oleh Tuhan. Itulah yang dirasakan oleh pemazmur.

Dengan ini pemazmur mengajak kita pembaca Buku Renungan ini, mari memuji memuliakan Tuhan, baik suka maupun duka. Sebab Tuhan yang kita puji dan muliakan itu adalah Tuhan yang Maha besar, Maha tahu dan Maha kuasa, Dia menyatakan kemuliaan-Nya bukan hanya kepada ciptaan yang besar saja, tetapi juga pada ciptaan-Nya yang kecil, bahkan yang paling rentan dan tidak berdaya. Seperti dari mulut bayi dan anak-anak yang sedang menyusui, Tuhan telah menyatakan kemuliaan-Nya. OLeh sebab itu, janganlah ada seorangpun dari antara kita yang kehilangan kemuliaan Allah. Hati-hati dengan iblis, iblis sangat licik, iblis dapat menjauhkan kita dari kemuliaan Allah apabila kita lengah. Untuk itu lakukanlah yang baik, syukurilah apa yang ada, karena hidup itu penampakan Allah bagi kita sekalian, melalui potensi dan profesi yang kita terima dari Dia. Jadilah berkat bagi semua orang dan jadilah pengagum-pengagum karya Tuhan dalam hidupmu. Dan beritakanlah kekaguman yang kita rasakan dari Tuhan kepada semua orang, sehingga semakin bertambah-tambah umat yang mengagumi Tuhan dan memuliakanNya. Seperti yang dikatakan nats ini sebab Allah telah memahkotai pemazmur (Daud) serta kita sekalian dengan kemuliaan dan hormat. Kiranya Tuhan dengan segala kemuliaan memberikan kepada kita kasih karunia-Nya, amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-64 : 1, Bila kulihat bintang
Bila kulihat bintang gemerlapan dan bunyi guruh riuh kudengar. Ya Tuhanku, tak putus aku heran melihat ciptaanMu yang besar.
Maka jiwaku pun memuji-Mu; “sungguh besar Kau, Allahku!”
Maka jiwaku pun memuji-Mu; “sungguh besar Kau, Allahku!”

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi,
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s