Hiduplah sebagai anak-anak terang


1 Yohanes 1:1-10
Banyak orang yang mengklaim dirinya mereka mempunyai pengetahuan yang benar tentang Allah, tetapi tingkah lakunya sama sekali jauh dari hidup di dalam kebenaran akan Firman Tuhan. Firman Tuhan telah menjadi daging nyata di dalam diri Tuhan Yesus Kristus.

Yesus adalah firman yang hidup karena ia bukan hanya sumber hidup, tetapi ia juga adalah pemberi hidup (Yoh. 1:4,11:25;14:6). Jika anda ingin menikmati kehidupan kekal datanglah kepada-Nya dan hiduplah sesuai dengan tuntutan etika Kristen. Rasul Yohanes mengatakan bahwa Allah adalah terang, sehingga anak-anak terang tidak dapat hidup di dalam dua dunia, yaitu di dalam terang terang sekaligus di dalam gelap. Sebab terang dan gelap tidak akan pernah bersatu; di dalam terang tidak ada kegelapan dan tidak ada yang tersembunyi.

Terang berfungsi menuntun, mengarahkan dan membimbing perjalanan hidup manusia. Terang akan menunjukkan segala perbuatan manusia yang salah dan mengarahkannya ke dalam kebenaran. Kegelapan menunjukkan kepada kehidupan yang tersesat dari Yesus. Orang yang berjalan di dalam kegelapan adalah orang yang tidak tahu dan tidak mengerti kemana ia akan pergi (Yoh. 12:35). Orang yang hidup di dalam kegelapan adalah orang yang hidup di dalam kekacaubalauan, ia tidak punya aturan, makna hidup dan hidup tanpa moral. Kegelapan berarti kehidupan tanpa Kristus atau kehidupan yang menyimpang dari Kristus. Ia tidak mau melakukan kebenaran sebab di dalam dirinya tidak terdapat kebenaran. Orang Kristen tidak berada di dalam kegelapan karena mereka adalah anak-anak terang dan berjalan mengikuti jalan yang ditunjukkan Kristus. Peliharalah terang Kristus di dalam hidupmu supaya terangmu pun semakin bercahaya dan dapat dilihat oleh orang lain. Amin.

(Pdt. Kadir Manullang- Taman Adiyasa)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s