Bertobat maka dipulihkan


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-173 : 1, Sai mulak
Sai mulak, sai mulak, ho naung lao jalang i!
Ai na dao ho nuaeng, holang sian tuam, O parjalang ho.
Mulak, mulak ma ho! Mulak, mulak ma ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Kis. 4 : 23-31 (Pagi)
Dan. 2 : 1-23 (Malam)

RENUNGAN
Ulangan 30 : 2-3 – 2 Dan apabila engkau berbalik kepada TUHAN, Allahmu, dan mendengarkan suara-Nya sesuai dengan segala yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini, baik engkau mau-pun anak-anakmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, 3 maka TUHAN, Allahmu, akan memulihkan keadaanmu dan akan menyayangi engkau. Ia akan mengum-pulkan engkau kembali dari segala bangsa, ke mana TUHAN, Allahmu, telah menyerakkan engkau.

BERTOBAT MAKA DIPULIHKAN

Perjalanan panjang yang membosankan, melelahkan, banyak tantangan dan gangguan yang dialami bangsa Israel ketika keluar dari perbudakan Mesir menuju tanah Kanaan membuat bangsa Israel tidak sabar dan tidak setia lagi kepada Allah.

Alasan mereka adalah Tuhan sudah meninggalkan mereka dan tidak memperhatikan mereka lagi, padahal sesungguhnya bangsa Israel lah yang meninggalkan Tuhan. Akibatnya bangsa Israel terpecah dan tercerai-berai. Musa meng-ingatkan bangsa Israel dan mengajak supaya bertobat. Musa juga mengingatkan agar umat Tuhan tidak salah memilih jalan Tuhan, karena apabila salah memilih maka mereka akan mendapat kutuk (Ul. 29:25-28).

Allah yang Maha Pengasih dan Pengampun selalu menanti dan sangat merindukan kembalinya umat pilihan untuk bertobat dan mendengarkan suara-Nya. Allah berjanji apabila umat Israel berbalik dan mendengarkan suara Tuhan maka Tuhan Allah akan memulihkan keadaan bangsa itu dan menyayangi-Nya. Nas ini mengingatkan kita juga pada cerita tentang anak yang hilang (Luk. 15:11-32).

Demikianlah Allah selalu menanti-nantikan sekembalinya bangsa Israel yang telah meninggalkan Allah. Bertobatlah supaya kamu hidup (Yeh. 18:30-32). Pertobatan itu penting untuk memulai hubungan dengan Kristus. Hidup orang yang bertobat akan dibaharui dan hati yang penuh dosa akan dijadikannya menjadi lembut dan penurut. Pertobatan setiap hari diperlukan supaya kita tetap terjalin dalam persekutuan yang erat dengan Dia dan bertumbuh secara rohani. Pertobatan yang sungguh-sungguh akan beroleh pemulihan dari Tuhan Allah. Datanglah kepada-Nya! Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-413 : 1, Tuhan Pimpin Anakmu
Tuhan, pimpin anakMu, agar tidak tersesat.
Akan jauhlah seteru, bila Kau tetap dekat.
Tuhan pimpin! Arus hidup menderas;
Agar jangan ‘ku sesat, pegang tanganku erat.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826:2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku,
O Tuhan di HataMi.
Gohi au Tuhan marhite HataMi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s