Keselamatan Kita


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-444 : 1, Bona ni ngolungku
Bona ni ngolungku Ho do i, halalas ni roha, Tuhanki, sian Ho do nasa gogongki. Mual ni na denggan, Ho do i.

PEMBACAAN FIRMAN
Yer. 33 : 12-13 (Pagi)
Mrk. 10 : 32-34 (Malam)

RENUNGAN
2 Korintus 1 : 10 – Dari kematian yang begitu ngeri Ia telah dan akan menyelamatkan kami: kepada-Nya kami menaruh pengharapan kami, bahwa Ia akan menyelamatkan kami lagi.

KESELAMATAN KITA

Hari-hari yang kita lalui telah menjadi masa lalu, yang hanya dapat dikenang tetapi tidak dapat berubah. Berbeda umur berbeda pula pengalaman yang kita peroleh dalam melalui hari, minggu, bulan, dan tahun. Pengalaman seorang bayi, anak-anak, remaja, pemuda, orangtua dan orang lanjut usia berbeda-beda sesuai dengan umur, kesempatan, dan kemampuan mereka. Begitu juga dengan mereka yang sehat, sakit, bahagia, berduka dan sebagainya. Ada yang harus berusaha dengan segala daya dan upaya untuk melewati satu hari, minggu, bulan, bahkan tahun. Orang yang sakit mengukur waktu dengan jam, menit, bahkan detik.

Pengalaman hidup menempa kita semakin kuat, tegar dan mengasah kita semakin mampu dan cakap serta mengajari kita semakin peka untuk mengerti dan menerima kenyataan hidup. Tuhan selalu menyertai dan membimbing kita baik di waktu susah maupun waktu suka. Mari kita renungkan penyertaan Tuhan yang telah kita alami dalam perjalanan hidup kita dan memperteguh dengan ajaran Rasul Paulus atas iman pengharapannya kepada Tuhan Yesus Kristus sesuai dengan pengalamannya.

Pelayanan Rasul Paulus banyak tantangan tetapi Tuhan memberikan kekuatan dan kelepasan. Di Efesus ada banyak penentang yang menghalangi pelayanannya (1 Kor. 16:9), di Filipi dianiaya dan dihina (1 Tes. 2:2), dan di Asia Kecil mengalami penderitaan yang begitu besar dan berat (2 Kor. 1:8). Dari dalam diri sendiri ada perlawanan bahwa batinnya suka akan hukum Allah, tetapi angota-anggota tubuh melawan hukum akal budi sehingga menjadi tawanan hukum dosa (Rom. 7:21-25). Rasul Paulus menjadi kuat dan dimenangkan oleh kasih Tuhan kita karena yakin dan percaya bahwa: 1) Apapun tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita (Rom. 8:38-39). 2) Tubuh yang dapat binasa ini telah mengenakan yang tidak dapat binasa karena kemenangan Yesus Kristus memberikan kemenangan bagi kita (1 Kor. 15:54-57). 3) Kita telah dilepaskan dari kuasa kegelapan dan dipindahkan ke dalam Kerajaan Yesus Kristus (1 Kol. 1:13-14). Keselamatan itu bukan hanya di dunia ini saja tetapi juga untuk keselamatan kekal di dalam kerajaan sorga yang telah disediakan oleh Yesus Kristus. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-393:1 Tuhan betapa banyaknya
Tuhan, betapa banyaknya berkat yang Kauberi,
Ter-istimewa rahmat-Mu dan hidup abadi.
T’rima kasih, ya Tuhanku atas keselamatanku!
Padaku telah Kau beri hidup bahagia abadi.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku, O Tuhan di HataMi. Gohi au Tuhan marhite HataMi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s