Kebanggaan pelayan yang dipercaya


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-755 : 1, Haposan Ho Tuhan
Haposan Ho Tuhan hot do holongMu, di las ni roha tingki arsak pe. Asi ni rohaMi nang pambaenanMu, Ho Sipalua pangondingan pe. Haposan Ho Tuhan, haposan Ho Tuhan, ndang na mansohot asi ni rohaM. Nasa na ringkot di au di parade, tung ala ni asiM do i sude.

PEMBACAAN FIRMAN
Yes. 44 : 1-8 (Pagi)
Kis. 2 : 14-24 (Malam)

RENUNGAN
1 Korintus 4 : 2 – Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

KEBANGGAAN PELAYAN YANG DIPERCAYA

Tidak mudah bagi seseorang untuk dapat dipercaya dan mempercayai orang lain. Untuk mendapatkan ke-percayaan membutuhkan proses, waktu dan ujian sehingga yakin bahwa dia dapat dipercaya atau tidak. Karena sulitnya untuk memperoleh kepercayaan maka tidak banyak orang yang dapat dipercaya di dunia ini.

Kepercayaan ini pun perlu dijaga karena sekali tidak dipercaya maka bisa tidak dipercayai atau orang tersebut diragukan untuk diberikan sesuatu pekerjaan yang penting. Seseorang yang dipercaya memiliki banyak keuntungan, yaitu: usaha akan semakin meningkat, karier semakin bagus, memiliki banyak teman, bahkan dipercaya mengurus pekerjaan berat atau rahasia sekalipun. Jadi sangat baik dan membanggakan apabila kita dapat dipercaya.

Kita sangat bangga apabila Tuhan mempercayakan rahasia Allah (1 Kor. 4:1-2) kepada hamba-hamba Kristus, untuk itu kita dituntut untuk dapat dipercayai. Oleh karena itu kita harus memelihara apa yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita (2 Tim. 1:14). Tuhan Maha mengetahui isi hati kita apakah kita dapat dipercaya atau tidak. Jika orang tua mengenal watak dan pribadi anak-anaknya yang dibesarkan dari masa kecil, maka jauh lebih daripada itulah Tuhan Allah mengenal setiap orang ciptaan-Nya. Kepercayaan itu diuji dengan datangnya berbagai masalah, ujian dan godaan. Banyak orang tidak dapat dipercaya lagi ketika dia tersandung oleh berbagai kepentingan seperti karier, pasangan hidup, keberhasilan, kesuksesan, popularitas, dan sebagainya yang membuat dia meninggalkan Tuhan. Kita lupa bahwa semuanya yang baik yang ada pada kita berasal dari Tuhan. Kita boleh bangga dengan segala keberhasilan yang kita peroleh tetapi jauh lebih bangga lagi apabila kita dapat menjadi pelayan yang dapat dipercaya Kritus untuk melayani-Nya. Melalui renungan hari ini kita diingatkan bahwa dimanapun kita berada bekerja dan melayani jadilah orang yang dapat dipercaya. Berdirilah teguh dan jangan goyah. Berjalanlah di jalan Tuhan dan jangan menyimpang ke kiri atau ke kanan. Tuhan menyayangi orang yang dapat dipercaya!

BERDOA

BERNYANYI, KJ-446 : 4, Setialah
Setialah kepada Yang Menang, meski maut kautempuh. Setialah! Sehabis berperang terima upahmu; Mahkota hidup diberiNya; kaumasuk dalam t’rang ceria. Setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku,
O Tuhan di HataMi.
Gohi au Tuhan marhite HataMi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s