Berdoalah dan jangan takut


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI, BE-487 : 1, Tung halak na margogo
Tung halak na margogo sipartangiang i
Dokdok pe sitaonon, ndang olo talu i,
Pos situtu rohana di Debatana i,
Tuhan na manaluhon sude pangalo i.

PEMBACAAN FIRMAN
Yer. 30 : 13-22 (Pagi)
Yoh. 12 : 37-43 (Malam)

RENUNGAN
Yakobus 5 : 15 – Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangun-kan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni.

BERDOALAH DAN JANGAN TAKUT!

Di tengah kehidupan manusia yang dilanda ketakutan dan keragu-raguan, kehadiran Yesus memberikan ketenangan dan kepastian, Yesus Anak Allah yang kepada-Nya telah diberikan segala kuasa telah mengusir ketakutan yang selalu membayangi manusia dengan mengalah-kan kuasa maut dan kematian dari dosa-dosa yang telah dilakukan manusia. Tuhan menyadari kele-mahan dan keterbatasan manusia yang tidak mampu dapat bebas dari kuasa dosa dan Dia juga tidak menghendaki kita terus dikuasai oleh kuasa dosa dengan terus dilanda ketakutan itu.

Kehadiran Tuhan Yesus juga menyentuh orang-orang yang percaya dan mereka yang selalu berdoa pada-Nya, dengan penuh Kasih. Kehadiran Yesus itu ditunjukkan-Nya melalui berkat dan jawaban Tuhan atas doa-doa yang kita naikkan. Sungguh kehadiran Tuhan menjadi sukacita dan kemenangan bagi kita dan Dia berjanji akan setia menyertai kita hingga akhir zaman.

Yesus datang dan hadir di tengah kehidupan manusia memberikan penghiburan dan penguat-an melalui perkataan-Nya, “Berdirilah jangan takut” (Mat, 17:7) serta “berdoalah”. Artinya untuk menjauhkan rasa takut manusia, Tuhan meneguhkan kita agar jangan takut dan mengajar agar kita datang kepada-Nya melalui doa. Doa menjadi satu media untuk menyerahkan segala ketakutan kita seperti penyakit yang akan membawa malapetaka maupun dosa yang membawa ke kematian. Doa dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan hadir dan sanggup mengalahkan ketakutan itu akan mem-berikan kelegaan dan sukacita bagi kita. Sikap berserah dan penuh keyakinan sangat perlu sedang-kan jawaban Tuhan menjadi bagian dari Tuhan Allah. Tapi tetap percaya bahwa bagian dan jawaban Tuhan pasti yang terbaik. Lihatlah Lazarus itu yang sakit dan sampai mati empat hari, seolah-olah doa kita tidak terjawab tapi Tuhan berkata bahwa tiada yang tidak mungkin bahkan Dia sanggup memberikan melampaui apa yang kita pikirkan dan bayangkan. Cukup percaya bahwa Dia telah datang ke dunia ini untuk meneguhkan dan mengalahkan rasa takut, bimbang dan kuatir yang me-lingkupi kita. Berdoalah dan percayalah kepada-Nya. Amin.

BERDOA

BERNYANYI, KJ-332:2, Kekuatan serta penghiburan
Tiap hari Tuhan besertaku, diberi rahmatNya tiap jam
DiangkatNya bila aku jatuh, dihalauNya musuhku kejam.
Yang namaNya Raja Maha Kuasa, Bapa yang kekal dan abadi,
mengimbangi duka dengan suka dan menghibur yang sedih.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI, BE-826 : 2, Gohi au Tuhan
Gohi au Tuhan marhite HataMi, Gohi au Tuhan marhite HataMi
Na mauas do tondingku,
O Tuhan di HataMi.
Gohi au Tuhan marhite HataMi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s