Bersiaplah !


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE- 834:2 Na Masihol do Rohangku
Ai andigan idaonku haholonganki raphon Jesus alealengki.
Haholongan na badia sian Jesus i, sonang sai sonang rohangki.
Marolopolop rohangki di surgo din a sonang i. soada na hurang sabam sonang rohangki.
Molo dung sahat au tusi.

PEMBACAAN FIRMAN, Yes. 41:14-20

Lukas 12:36
Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.

Bersiaplah!

Bersiaplah adalah satu kata ajakan untuk mengantisipasi sesuatu yang sudah dekat dan seketika bisa segera terjadi. Nas ini mengandung perspektif eskatologi yang menekankan kedatangan Tuhan Yesus kedua kalinya itu sebagai raja dan hakim yang adil. Hanya saja waktunya belum diketahui secara pasti.

Sampai-sampai Rasul Paulus membayangkan bahwa eskatologi itu datang saat dia masih hidup (bdn. 1 Kor. 15: 51-52). Ketika orang bertanya, termasuk saya, kapan waktu eskatologi itu datang sehingga saya akan bersiap? Para teolog mengajak agar kita bersiap dan berjaga setiap waktu (waktu dalam bahasa Yunani yaitu chronos yaitu waktu setiap hari (rutin) dan kairos yaitu waktu krusial atau tidak rutin). Kitab Kis. 1:7 mengatakan: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.” Dari sini Yesus hendak menegaskan kepada para murid yang bertanya dan kita sekarang ini bahwa yang terutama untuk dilakukan adalah bersiaplah setiap saat (chronos dan kairos).

Nas ini menggambarkan hubungan antara majikan dengan buruhnya. Tanpa informasi kapan majikan datang mengadakan sidak, tapi para buruh yang baik tidak memperdulikannya waktu sidak tersebut karena mereka melakukan tugas keseharian mereka dengan penuh tanggung jawab. Di samping itu, mereka tahu persis siapa majikan mereka yang sudah banyak berkorban mengangkat harkat kehidupan mereka dan seisi rumah mereka. Tanggung jawab seperti inilah yang diminta oleh Yesus Tuhan yang telah mengangkat harkat kehidupan dari setiap orang percaya, termasuk saya, yang tadinya binasa menjadi beroleh hidup yang kekal. Oleh sebab itu bersiaplah setiap saat! Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika dia datang (ayat 37). Amen.

BERDOA

BERNYANYI : KJ-274:1 Bila nanti Yesus datang
Bila nanti Yesus datang menata intan-Nya, tiap orang yang percaya, kepunyaan-Nya. Tiap orang percaya kelak bercahaya bagai intan permata di mahkota-Nya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI : BE No. 20:5 ‘Paian ma di hami’
On pe, O Tuhannami tumpahi HataMi. Masuk tu rohanami paian ma disi.

Advertisements

One comment

  1. rumanap sihombing · · Reply

    Hanya saja waktunya “belum” diketahui secara pasti..
    “belum” atau tidak. ?
    Krn kl dikatakan belum berarti nanti akan kita tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s