Keselamatan hanya oleh kasih karunia Tuhan


PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 504:1 Ditogu Tuhan Jesus Au
Ditogu Tuhan Jesus au, i do na mangapuli au.
Diganup dalan nang tung maol,tanganNa do tongtong huhaol.
Ditogutogu Jesus au, tanganNa sai maniop au
Tongtong ma siseanNa au, paima boi tu surgo lao.

PEMBACAAN FIRMAN : Hosea 14:1-10

Kisah Para Rasul 15:11
Sebaliknya, kita percaya, bahwa oleh kasih karunia Tuhan Yesus Kristus kita akan beroleh keselamatan sama seperti mereka juga.

KESELAMATAN HANYA OLEH KASIH KARUNIA TUHAN

Nas yang dibuka dengan kata “sebaliknya” yang menggambarkan adanya perbedaan ajaran mengenai keselamatan yang menurut sebahagian orang Yahudi pada waktu itu bahwa hanya orang-orang yang bersunat menurut adat istiadat yang diwariskan Musa yang dapat memperoleh keselamatan sedangkan non Yahudi yang mau diselamatkan harus terlebih dahulu disunat.

Paulus menolak keras dan melawan ajaran ini dan menegaskan bahwa keselamatan umat manusia karena Kasih Karunia Allah. Ketika semua orang sudah berdosa dan kehilangan Kemuliaan Allah, maka manusia tidak layak lagi di hadapan Tuhan. Allah murka dan ingin memusnahkan manusia dari muka bumi ini, namun Allah mengingat kasihNya pada manusia. Dia mengutus anakNya Yesus Kristus menebus dosa manusia tanpa memandang suku, bangsa, agama, budaya, bersunat atau tidak. Saat ini ada banyak kelompok Kristen dengan ajaran tertentu yang sangat menekankan aturan tertentu yang bertentangan dengan Firman, seolah-olah dengan melakukan aturan-aturan itu beroleh keselamatan, Contohnya seperti tidak boleh makan jenis makanan tertentu, tidak boleh melakukan adat bahkan harus membakar ulos dan lain-lain.

Keselamatan bukan karena usaha, kerja keras, prestasi, kekuatan kita ataupun karena aturan-aturan tertentu tetapi semata-mata hanya oleh Kasih Karunia Tuhan. Oleh karena itu kita bersyukur dan bergembira karena sudah diselamatkan. Ungkapan kegembiraan dan rasa syukur kita tentunya dapat kita tunjukkan dalam kehidupan kita dengan menjadikan hidup kita berbuah dan kita menjadi saksi Kristus memberitakan kemuliaan Allah di tengah-tengah dunia, artinya menjadi hidup yang bersaksi yang sudah menerima kasih karunia Allah sehingga kita tidak lagi kena hukuman tapi oleh belas kasihan dan kasih karunia. Itulah yang menjadi sukacita dan kesaksian dalam kehidupan kita karena Kasih KaruniaNya kita bebas dari hukuman dan memperoleh Keselamatan. Amin!

BERNYANYI KJ. 436:3 LAWANLAH GODAAN
Allah memberikan tajuk mulia bagi yang berjaya di dalam iman
Kristus memulihkan kau yang tertekan, harap akan Yesus: pasti kau menang
Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan; Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI
Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s