Salib Kristus menghapus dosa kita


Kolose 2:14
Dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 437:1 Tung Na Muba Rohangku
Tung na muba rohangku dibaen Tuhanki, dung Jesus maringan di au. Nunga sonang au on, tung dame rohangki, dung Jesus ma ringan di au. Dung Jesus maringan di au, dung Jesus maringan di au, tung na sonang do au, dung tu Jesus au lao, dung Jesus maringan di au.

PEMBACAAN FIRMAN : Daniel 6:16-29

SALIB KRISTUS MENGHAPUS DOSA KITA

Hutang tetap hutang dan harus dilunasi. Tidak ada hutang seseorang dengan begitu mudahnya dapat dihapus, bahkan diputihkan begitu saja. Apa pun akan dilakukan untuk melunasi hutangnya kepada orang lain. Tetapi bagaimana tentang hutang dosa, pelanggaran manusia? Apakah manusia dapat melunasi, menghapus hutang dosanya? Jatuhnya manusia ke dalam dosa bukti bahwa manusia itu telah kehilangan kemuliaan Allah (Rom. 3:23), akibat dosa, manusia telah binasa, terkutuk, mati; “Sebab upah dosa ialah maut” (Rom. 6:23a).

Pada zaman ini tidak begitu sulit melihat, mendaftarkan segala dosa, pelanggaran yang dilakukan manusia. Dimana-mana begitu gampang kita temui perbuatan dosa, pelanggaran manusia. Namun sebaliknya untuk melihat, mendaftarkan apa yang baik dilakukan oleh manusia sangat sulit.

Paulus menggambarkan kehidupan yang telah diperbuat Allah di dalam Yesus bagi manusia yang berhutang dosa. Manusia telah mati akibat dosanya, tentu orang yang demikian tidak dapat lagi berbuat apaapa untuk menyelamatkan, menghidupkan dirinya bahkan menghapus hutang dosanya. Namun dengan menghapus surat hutang, meniadakan dakwaan dan ancaman yang diperbuat oleh Allah, tentu kita dapat memahami betapa begitu besar kasih Allah akan dunia dalam Kristus, agar setiap orang yang percaya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Bukti dari penghapusan segala hutang dosa, pelanggaran dengan terpakunya Kristus pada kayu salib. Hanya melalui penderitaan, salib Kristus sajalah Allah menyelamatkan, tetapi bagi orang yang binasa, salib itu menjadi kebodohan (I Kor. 1:18). Salib Kristus menjadi jalan menghapus hutang dosa dari penanggalan akan tubuh yang berdosa. Karena itu, kita harus menerima Yesus dan hidup tetap di dalam Dia, berakar, dibangun di dalam Dia, bertambah teguh dalam iman dan hati melimpah dengan syukur. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 389:4 BESARLAH KASIH BAPAKU
Ya Bapa, atas kasihMu yang s’lalu menaungiku,
kunaikkan t’rima kasihku kepadaMu.

DOA BAPA KAMI
Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s