Pencobaan itu biasa-biasa


1 Korintus 10:13
Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 246:1 Jesus Urupi
Jesus, urupi, pamonang ma hami, tatap ma gogo ni na holom i
Na so mansadi mangonggop di hami, naeng polgahanna do hami sude
Sai dipingkiri sibolis dalanna, manang beha au tongtong arsahanna.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 24:1-14

PENCOBAAN ITU BIASA-BIASA

Saudara, semua orang menghadapi pencobaan. Karena itu jangan merasa aneh dan kuatir bila Anda mengalaminya saat ini. Saudara kita yang lain juga mengalaminya. Pencobaan itu bagian dari hidup manusia. Tidak seorang pun terbebas dari pencobaan. Semua orang dapat giliran. Rasul Paulus juga mengalaminya, bahkan Yesus sendiri, Anak Allah mengalaminya.

Yang penting bagi kita adalah sikap dalam menghadapinya. Rasul Paulus membantu kita. Dia mengatakan: “Pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan biasa…”. Artinya, semua pencobaan yang datang itu biasa-biasa saja. Tidak ada istimewanya, karena itu dia tidak begitu menakutkan, dan menyeramkan. Kita tak perlu panik menghadapinya. Tokoh Rasul Paulus mengatakan itu biasa dalam hidup manusia. Dan sesungguhnya tidak akan pernah melebihi kemampuan kita. Mengapa, karena sesungguhnya orang beriman tidak dapat dikalahkan oleh pencobaan dan iblis sekali pun. Karena kita memiliki Kristus dan Kristus memiliki kita. Jadi kekuatan kita adalah Kristus. Hadapilah dengan tenang, dengan iman yang benar.

Ayat ini sekaligus mengingat kita, di saat hidup dilanda pencobaan, bisa berupa penderitaan, penyakit, kesulitan atau godaan dunia dan tawaran-tawaran yang mengasyikkan, jangan biarkan dirimu berjalan sendiri menghadapinya. Sebab tanpa Kristus yang adalah kekuatan dan keselamatan kita, kita tidak akan dapat selamat dari ragam goadaan dan cobaan. Namun sebaliknya jangan anggap remeh terhadap godaan iblis atau pencobaan-pencobaan dunia. Jangan bermain-main dengannya. Dapat dipastikan kita akan gagal dan binasa oleh tipu dayanya. Karena itu tetaplah berpegang pada firman dan iman yang benar. Dipastikan kita akan menang. Amin!

BERDOA

BERNYANYI KJ. 436:1 LAWANLAH GODAAN
Lawanlah godaan, s’lalu bertekun; tiap kemenangan kau tambah teguh; nafsu kejahatan harus
kautentang; harap akan Yesus: pasti kau menang. Mintalah pada Tuhan, agar kau dikuatkan
Ia b’ri pertolongan: pastilah kau menang.

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s