Kemuliaan Yesus Melebihi Para Nabi


Ibrani 1:1-2
Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE. 232:5 Sian Sude Parulian Na Arga
Jesus, Tuhanku, sai Ho huhaposi, pataridahon tu au holongMi. Pangidoanku tu Ho, sai tangihon,
Basabasahon tu au ngoluMi. Asa di Ho au di harajaonMu, lao patulushon, pasauthon hataMu.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 23:1-21

KEMULIAAN YESUS MELEBIHI PARA NABI

Penulis Ibrani berkata: Zaman lama sudah berlalu, zaman yang penuh dengan ketidaksempurnaan telah lenyap; dan zaman baru zaman keemasan Allah telah mulai datang di dalam Kristus. Kalau zaman dulu Allah menyatakan wahyuNya melalui para nabi dimana para nabi melalui pengalaman hidupnya dan pengalaman bangsa Israel telah menerima sebagian saja dari seluruh kebenaran Allah.

Artinya tidak ada seorang nabi pun yang pernah menerima kebenaran Ilahi itu seutuhnya. Berbeda dengan Yesus. Yesus tidak menerima sebagian dari kebenaran itu. Yesus adalah kebenaran itu seutuhnya. Para nabi adalah hamba Allah tetapi Yesus Kristus adalah Allah. Nabi-nabi tidak kekal tetapi Yesus adalah Kekekalan itu sendiri. Di dalam Yesus, Allah memperlihatkan seutuhnya diriNya. Allah dalam diri Yesus adalah sempurna. Yesus adalah Hakekat, karakter Allah. Ia adalah khalik yang menjadikan alam semesta. Ia adalah Putera Allah yang menjadi manusia. Sang Putera adalah pelaksana Allah dalam karya ciptaan. Artinya bahwa Allah menciptakan dunia dan alam semesta ini melalui Yesus. Kita percaya bahwa Dia yang menciptakan dunia ini adalah juga Dia yang menebusnya. Dialah Allah yang menjelma menjadi korban karena dosa menebus manusia yang berdosa.

Jadi kita dapat mengenal Allah sebenarnya jika kita melihat Yesus. Pandanglah Kristus maka engkau akan mengetahui rupa Allah. Yesus Kristus Anak Allah yang telah datang ke dunia ini untuk menyempurnakan rencana keselamatanNya kepada semua umat manusia. Ia telah menebus, mengampuni dan menyelamatkan kita dari dosa dan memberikan pengharapan baru. Selayaknya lah kita mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus dan menjadikanNya teladan dalam kehidupan sehari-hari.

BERDOA

BERNYANYI KJ. 242:4 MULIAKAN ALLAH BAPA
Kemuliaan selamanya dalam sorga bergema. Hormat dan syukur dan kuasa
diberi ciptaanNya. Haleluya, puji Dia, Raja Agung semesta!.

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s