Yesus Anak Domba Allah


Yohanes 1:29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI KJ. 254:1 KRISTUS, PENOLONG UMAT YANG PERCAYA
Kristus, Penolong umat yang percaya, Bintang harapan, b’rikanlah cahaya
dalam gelap, ancaman dan bahaya; tolong, ya Tuhan!

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 17:1-24

YESUS ANAK DOMBA ALLAH

Bagi umat Israel sangat penting mempersembahkan domba untuk pembaharuan hubungan kepada Allah karena dipahami dapat menghapus dosa. Walaupun mereka tahu darah domba tidak dapat menghapus dosa yang sebenarnya. Pelayanan Yohanes dalam nas ini memperkenalkan Yesus sebagai anak Domba Allah yang akan menghapus dosa dunia, bukan hanya dosa bangsa Israel tapi menghapus dosa dunia.

Yohanes sebagai seorang Nabi menyampaikan pesan Allah bahwa Yesus sudah lebih dulu ada. Namun, Yohanes tidak iri, walaupun Yesus lebih besar dari dia. Dalam situasi sekarang ini orang lebih senang memperkenalkan kehebatannya. Sangat jarang mengakui kemampuan orang lain. Misalnya seperti para calon pemimpin atau caleg di negara kita saat berkampanye dengan mempromosikan bahwa dirinya selalu yang terbaik dari orang lain. Tidak demikan dengan Yohanes Pembaptis. Dia tidak memakai kesempatan ini untuk membesarkan dirinya, tapi justru merendahkan hatinya di hadapan Yesus. Sifat ini penting juga kita teladani agar kita memeiliki hati yang merendah apalagi di hadapan Kristus.

Kesaksian Yohanes ini juga menyatakan kepada kita bahwa hanya Yesuslah yang sanggup menghapuskan dosa dunia. Dialah adalah korban persembahan yang mendamaikan kita dengan Allah. Dialah Anak Domba Allah yang menanggung dosa seluruh umat. Karena itu keselamatan hanya ada dalam Yesus Kristus tidak dalam yang lain. Kuasa dosa sudah diputuskanNya. Kesalahan kita sudah diampuniNya. Yesus adalah Sang Jurudamai. Sesungguhnya penyakit kitalah yang ditanggungNya dan kesengsaraan kita yang dipikulNya, Dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita (Yes. 53:5). Hanya Yesus yang dapat melakukannya untuk kita dan dunia ini. Oleh sebab itu mari ikutlah Dia Anak Domba Allah yang telah memberi hidupNya untuk keselamatan kita. Amin!

BERDOA

BERNYANYI BE. 663:3 BOTO MA SUDE HAMU
Boto ma sude hamu, boto ma sude hamu, boto ma sude hamu, Jesus, Kristus
Birubiru ni Debata, na mamorsan dosa i, Raja ni sudena raja, ganup ma umboto i

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s