Mengakui dosa kesalahan


Mazmur 51:5
Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

PANGGILAN BERIBADAH:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

BERNYANYI KJ. 184:4 YESUS SAYANG PADAKU
Yesus sayang padaku, dan tetap bersamaku; nanti ‘ku bersamaNya tinggal dalam rumahNya
Yesus Tuhanku sayang padaku; itu firmanNya di dalam Alkitab.

PEMBACAAN FIRMAN : Yehezkiel 11:14-25

MENGAKUI DOSA KESALAHAN

Pada umumnya orang berusaha menutupi kesalahan atau kekurangannya dengan berbagai cara dan selalu merasa benar. Ketika kesalahan ditutupi dengan kebohongan akan menambah kesalahan. Setiap hari kita disuguhi informasi maraknya orang-orang yang berusaha menutup-nutupi kejahatannya dengan alasan tidak melakukan suap/korupsi bahkan berani bersumpah, bersedia dihukum gantung dan sebagainya. Mereka mencari orang ketiga yang menjadi pengacara yang dapat melindungi mereka dengan mempermainkan kata-kata atau mencari celah-celah kelemahan pasal-pasal hukum yang ada.

Jarang terpidana korupsi sejak awal mengaku bersalah dalam pengadilan. Pemazmur adalah seorang berdosa yang mengakui kesalahan dan dosa-dosa di hadapan Tuhan. Dia sadar tidak akan pernah dapat membenarkan dirinya atau melepaskan diri dari dosa-dosanya itu kalau melalui usahanya sendiri. Karena itu dia datang kepada Tuhan mengaku serta memohon pengampunan Tuhan. Dia berdoa: “Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setiaMu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmatMu yang besar. (Maz. 51:3)

Kita semua adalah orang berdosa. Betapa hari-hari kehidupan kita ternoda oleh dosa yang kita perbuat, melalui pikiran, perkataan dan perbuatan kita sendiri. Baiklah kita meneladani pemazmur ini dengan terus terang menyadari segala dosa-dosa kita dan memohon ampun dari Tuhan. Tidak guna menyembunyikan dosa dari hadapan Tuhan. Marilah terus terang terbuka kepadaNya. Dengan sadar mengaku kepada Tuhan berarti ada kesungguhan hati dan Tuhan pasti mengasihani kita. Tuhan berkata: “Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba“ (Yes. 1:18).

Kita tidak akan bisa lepas dari dosa dengan usaha sendiri. Karena itu tidak akan terbebas dari hukuman Allah. Mengaku dosa dengan sadar dan penuh iman akan membawa kita pada pengasihan allah dan Tuhan akan membebaskan kita dari hukumanNya. Amin!

BERDOA

BERNYANYI BE. 11:3 AHA MA ENDEHONONHU
Ia godang ni dosangku, dipingkiri rohangki, longang situtu rohangku, manimbangi lambas ni
rohaMi ale Tuhanku, mida pangalaosingku. Ala ni hupuji Ho, tung marribu hali do.

DOA BAPA KAMI

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami O Debatanami, sai sondanghon bohiMi tu na pungu on sude.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s