Menyelami Allah


Panggilan Beribadah:
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji namaNya setiap hari. Amin.

Roma 11:33.
O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalanNya!

Bernyanyi KJ. 149:1

Menyelami Allah
Roma 11 menceritakan bangsa Yahudi yang dipilih Tuhan sejak semula menjadi umatNya. Yang kemudian hari terbuka kepada semua bangsa (termasuk bangso Batak). Pemilihan bangsa bukan Yahudi dengan cara mencangkokkan mereka ke pokok-pokok asli sebagai tunas liar mengakibatkan tunas asli yaitu bangsa Yahudi harus dipatahkan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Tidak lain dan tidak bukan karena bangsa Yahudi menolak Yesus sedangkan bangsa bukan Yahudi percaya kepada Yesus adalah Anak Allah Juruselamat dunia. Peristiwa inilah yang digambarkan oleh Paulus sebagai sesuatu yang tak terselami.

Bagaimanakah kita dapat memahami sesuatu yang tidak terselami, yaitu umat yang sejak semula dipilih harus ditolak dan menggantinya dengan umat pilihan yang kemudian? Allah yang tidak terselami itu sendirilah yang menyingkapkan diri-Nya kepada kita sehingga kita dapat memahaminya dengan pertolongan Roh Kudus. Roh itulah yang membukakan mata rohani kita sehingga kita dapat menyelami Allah yang tidak terselami itu. Sebagaimana doa Paulus dalam Efesus 3:18-19 “Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan.” Bahasa sederhananya mau mengatakan bahwa Allah yang misteri itu dapat kita pahami dengan segala keberadaannya. Sedangkan orang yang tidak menerima Allah dalam Yesus Kristus Juruselamat dunia ini tidak pernah mampu memahaminya. Berbahagialah kita umat sekarang yang telah dipilih-Nya sehingga kita dapat menyelami Dia dalam kasih-Nya. Marilah kita menyaksikan kasih-Nya itu dalam keseharian kita sehingga semua bangsa dapat menyelami Allah di dalam kasihNya. Dengan demikian beroleh keselamatan. Amin!.

Berdoa

Bernyanyi BE. 361:3

Doa Bapa Kami

Menyanyikan BE. 36:1 Pasupasu Hami
Pasupasu hami, O Debatatanami, sai sondanghon bohiMi tu na punguon sude.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s