Bersyukurlah Atas Kebaikan Tuhan


01. Nyanyian BE No. 14 : 1. PUJI HAMU JAHOWA TUTU
Puji hamu Jahowa tutu, pardenggan basa, parasi roha saleleng na i,
Pardenggan basa i, parasi roha i.

02. Pembacaan Firman
▪ Pagi : Amsal 22 : 1 – 9
▪ Malam : Lukas 6 : 27 – 36

03. Renungan : Mazmur 111 : 4
Perbuatan – perbuatanNya yang ajaib dijadikanNya peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.

Bersyukur adalah salah satu ungkapan terimakasih atas kebaikan Tuhan yang diterima seseorang di dalam hidupnya. Patutlah bersyukur setiap orang yang menerima kebaikan Tuhan di dalam kehidupannya. Hal inilah yang terlihat di dalam nats harian kita pada hari ini. Kitab mazmur 111 ini merupakan ucapan syukur pemazmur yang telah mengalami kebaikan Tuhan di dalam kehidupannya. Ia juga mengajak umat Tuhan ikut serta untuk mengucap syukur atas kebaikan Tuhan yang terjadi dalam perjalanan umat Tuhan. Secara detail Pemazmur di sini hendak menyatakan bahwa perbuatan Tuhan sangat dahsyat. Terlebih lagi, pemazmur melihat dunia ini penuh dengan perbuatan ajaib Tuhan yang sangat patut untuk direnungkan dan digemakan. Kebaikan Tuhan inilah yang selalu direnungkan oleh si Pemazmur sehingga ia bersaksi melalui ucapan syukur. Salah satu ungkapan syukur itu terlihat yakni ayat renungan kita ini. Dia sanggup mengatakan perbuatan Tuhan sangat ajaib dan Tuhan itu pengasih dan penyayang. Tuhan Pengakuan yang luar biasa. Tuhan Pengasih dan Penyayang terbukti dari kuat kuasa Tuhan melepaskan bangsa Israel dari perbudakan tanah Mesir (ay. 9). Dilanjutkan lagi Tuhan menganugerahkan tanah Kanaan sebagai tanah pusaka bagi Israel (ay.6). Kemudian Tuhan memelihara mereka di tanah pusaka tersebut dengan segala fasilitas: kebutuhan hidup mereka dipenuhi. Inilah yang mendorong Pemazmur mampu mengucap syukur. Kasih Tuhan tidak pernah berhenti dari dahulu sampai saat ini.
Secara pribadi-pribadi, kita pasti pernah mengalami kebaikan Tuhan : melalui penyertaan Tuhan di dalam keluarga kita, pekerjaan kita dan lain-lain. Karena itu patutlah kita mengucap syukur atas kebaikan Tuhan. Biarlah kiranya ucapan syukur itu terlihat nyata dari tindakan kita yang senantiasa memuliakan Tuhan. Amin

04. Berdoa. 05. Bernyanyi KJ. No. 295: 1 ANDAI KU PUNYA BANYAK LIDAH
Andai ku punya banyak lidah dan punya suara yang besar, akan ku gubah madah indah dan ’ku menyanyi bergemar memuji kasih Allahku yang dicurahkan padaku.

06. Doa Bapa kami – Amin.
Tuhan Memberkati, Syalom___

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s