TETAP MENGASIHI WALAU DIBENCI


01. Nyanyian KJ 341 : 2 KuasaMu dan NamaMulah

Teladan sudah Kauberi demi deritaMu dan melalui salibMu. Kaut’rima kuasaMu! Bagian kami tak lebih, seperti segenggam. Benih, melintas kubur yang gelap, agar kelak ‘kan menetap. BersamaMu di Firdaus gemerlap.

02. Pembacaan Firman

  • Pagi          : Kejadian 9:8-17.
  • Malam      : Kisah Para Rasul 27:39-44.

03. Renungan    : Yohanes 15:18.

TETAP MENGASIHI WALAU DIBENCI Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

Selamat pagi dan selamat bersyukur pada Tuhan Yesus. Sejak kejatuhan manusia dalam dosa, maka kebenaran selalu dibenci oleh dunia. Hidup kudus pasti dibenci dunia. Tugas dan tanggungjawab Saudara dan saya sebagai orang percaya adalah menyampaikan Kebenaran yaitu injil Kristus. Dalam hal itu, sebagaimana Tuhan Yesus dibenci karena menyatakan kebenaran TUHAN, kita pun demikian.  Kalau kita dibenci karena melakukan yang salah atau dosa adalah seharusnya demikian. Tetapi, setiap orang dibenci karena melakukan yang benar di mata Tuhan itulah risiko iman. Maka, jangan kaget, kecut, atau  takut, sebab Tuhan sudah mengalami  dan sudah menyatakan hal itu sebelumnya. Firman Tuhan mengatakan:”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu” (Yoh 15:18). Menderita bagi Kristus karena ketaatan kita kepada-Nya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari iman Kristen (Yoh 15:20).  Renungan hari ini ingin meneguhkan pengertian, sikap, dan iman kita agar : 1) tetaplah menyatakan kebenaran, walaupun dibenci atau dianiaya, karena itulah tugas kita; 2) kita harus tetap mengasihi orang yang membenci kita, dan tidak kompromi dengan kelakuan jahatnya; 3). kehidupan kita harus menjadi berkat bagi orang lain, sekalipun dia membenci kita, 4) ingat dan sadarilah bahwa panggilan Kristiani tertinggi dalam hal mengikut Yesus Kristus adalah menyangkal diri dan memikul salib (Mat 16:24); 5) upah orang yang setia dalam kebenaran TUHAN  adalah kebahagian, sebagaimana Tuhan Yesus berkata:  Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.  (Mat 5:10). Amin.

04. Berdoa.

05. Bernyanyi BE. No. 221:1,4.   “Saleleng Jesuski”

Saleleng Jesuski, na mandongani au. Maporus holsoholsongki, sai di Ibana au. Torop di tano on, mangkaliangi au. Sai Tuhan Jesus do tongtong, maniopniop au.

06. Doa Bapa kami – Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s