TAKUT AKAN ALLAH


Saat Teduh….…………

01. Nyanyian KJ. No. 299:1. “Besyukur kepada Tuhan”
Bersyukur kepada Tuhan, bersyukur kepada Tuhan
Sebab Ia baik, bersyukur kepada Tuhan.

02. Pembacaan Firman
Pagi : Yohanes 14:1-7.
Malam : 2 Tesalonika 3:13-15.

03. Renungan: Pengkhotbah 4:17a.
Jagalah langkahmu, kalau engkau berjalan ke rumah Allah!

Kitab Pengkotbah banyak mengajarkan tentang hidup, pekerjaan, usaha, perjuangan dan lain-lain yang dilakukan tanpa TUHAN akan menjadi sia-sia. Pengkotbah juga menyatakan bahwa di tempat pengadilan, di situpun terdapat ketidakadilan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Penyebabnya adalah para pelayan hukum sering mempermainkan dan memperjual belikan hukum dan keadilan. Kalau begitu, dimanakah kita bisa mendapatkan keadilan dan kebenaran? Tentu hanya di rumah Allah. Bagaimana hal itu terjadi? Takutlah akan Allah. Nas kita hari ini merupakan peringatan kepada seluruh umat Allah. Bagaimana sikap yang berkenan kepada Allah ketika kita hendak beribadah kepada-Nya?

  1. Mengaku dosa dan mohon pengampunan. Sikap ini didasari pada iman bahwa Allah Mahakudus, dan Mahasuci, sedangkan kita sering berdosa karena melanggar hukum dan firman-Nya.
  2. Mempersiapkan hati untuk memuji Tuhan dan mendengar firman-Nya. Tujuan utama ke rumah Tuhan adalah untuk bersekutu dengan-Nya melalui puji-pujian dan mendengar firman-Nya. Menghampiri untuk mendengar adalah lebih baik dari pada mempersembahkan korban yang dilakukan oleh orang-orang bodoh, karena mereka tidak tahu, bahwa mereka berbuat jahat. (Pengk 4 : 17b).
  3. Penguasaan diri. Hal ini sangat penting, terutama dalam berbicara. Tuhan menginginkan kita supaya lebih banyak mendengar dari pada berbicara. Sebagai ciptaan, sepantasnya kita lebih banyak mendengar kepada Allah pencipta kita.
  4. Membayar nazar kepada Allah. Apa saja yang kita janjikan kepada Allah supaya kita lakukan dengan kesungguhan. Contoh : Jika kita ingin hidup menjadi berkat bagi sesama atau terbebas dari merokok, lakukanlah dan jangan ditunda.

Kita harus melatih diri untuk melakukan hal-hal tersebut di atas. Amin.

04. Berdoa

05. Bernyanyi BE. No. 165:1. O Jesus na pangolua au
Na basa do rohaM di au, o Jesus Tuhanki,
di ihuthon Ho au tu na dao mambuat rohangki

06. Doa Bapa kami – Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s