RAHAB DIKASIHI TUHAN


Saat Teduh……………

01. Nyanyian KJ. No. 364:1. “Berserah kepada Yesus”
Berserah kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku
Kukasihi, kupercaya, ku ikuti Dia t’rus
Aku berserah, aku berserah
KepadaMu Jurus’lamat aku berserah.

02. Pembacaan Firman
Pagi : Keluaran 25:17-22.
Malam : Mazmur 50:1-15.

03. Renungan: Yosua 2:12.
Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya.

Allah melihat keadaan di Kanaan dan daerah ini akan diserahkan kepada umatNya (Ul.7:1,2). Rahab perempuan Kanaan yang tinggal di kota Jeriko yakin bahwa daerah Jeriko akan diserahkan kepada Israel. Rahab menyelematkan dua orang pengintai yang diutus Musa ke kota Jeriko. Ia memohon kepada kedua orang pengintai itu agar ia dan keluarganya dibebaskan, dan tidak ikut dibunuh. Dua mata-mata itu setuju dengan syarat Rahab menjaga rahasia kedatangan. Rahab percaya bahwa penduduk Jeriko tidak mampu menghadapi umat Tuhan (ay. 11). Bahkan Rahab dengan iman dapat berkata bahwa Tuhan telah menyerahkan negeri ini (Yerikho) kepada bangsa Israel.

Rahab memiliki iman yang besar, lebih daripada iman para pengintai Israel yang diutus oleh Musa (Bil 13:27-33). Karena iman dan dukungan Rahab dan keluarganya akhirnya ia dan keluarga diselamatkan (Yos 6:17). Akhirnya, Rahab sendiri menjadi bagian dari bangsa Yahudi. Ia menikah dengan pria bernama Salmon. Putra mereka Boas dan menikahi Rut, seorang wanita Moab. (Rut 4:13,22) Raja Daud dan belakangan Sang Mesias, Yesus Kristus, adalah keturunan keluarga beriman. Hal yang dapat kita pelajari dari kisah Rahab adalah bahwa Tuhan memakai semua orang tanpa memandang latar belakang sesuai dengan rencanaNya. Jika Tuhan menyelamatkan Rahab, maka kita juga akan diselamatkan oleh Yesus. Milikilah keyakinan yang teguh kepada Tuhan dan terimlah Yesus sebagai Juru Selamat. Amin.

04. Berdoa

05. Bernyanyi BE. No. 319:2. Sai tiop ma tanganku
Sai sesa nasa dosa, ale Amang! Ho, na marholong roha, asi rohaM!
Paias ma rohangku na ramun i; pagigir au, mamuji Ho, Tuhanki.

06. Doa Bapa kami – Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s