SOLA GRATIA


Saat Teduh ………..

01. Nyanyian KJ. No. 8:1. “BagiMu Tuhan nyanyianku”
BagiMu Tuhan nyanyianku, karena setaraMu siapakah?
Hendak kupuji Kau selalu; padaku Roh Kudus berikanlah
Supaya dalam Kristus, PutraMu, kidungku berkenan kepadaMu

02. Pembacaan Firman
Pagi : Ayub 2:1-10.
Malam : 2 Korintus 11:16-23.

03. Renungan: Mazmur 106:5.
Supaya aku melihat kebaikan pada orang-orang pilihanMu, supaya aku bersukacita dalam sukacitaMu, dan supaya aku bermegah bersama-sama milikMu sendiri.

Salah satu penyakit banyak orang adalah tidak lupa pengalaman pahit yang pernah dialami. Namun, kebaikan seseorang, keberhasilan, kesembuhan, dan hal-hal baik lain yang diterima dari Tuhan mudah dilupakan. Hal ini juga dilakukan bangsa Israel yang selalu mengingat-ingat saat masih berada di Mesir walaupun di sana mereka hidup dalam perbudakan. Bangsa tersebut bolak-balik bersungut-sungut. Keluh mereka, “Mengapakah Tuhan membawa kami ke negeri ini, supaya kami tewas oleh pedang, dan isteri serta anak-anak kami menjadi tawanan? Bukankah lebih baik kami pulang ke Mesir?” (Bil 14:3). Bahkan, “Mereka menolak untuk patuh dan tidak mengingat perbuatan-perbuatan yang ajaib yang telah Kaubuat di antara mereka. Mereka bersitegang leher malah berkeras kepala untuk kembali ke perbudakan di Mesir. Tetapi Engkaulah Allah yang sudi mengampuni, yang pengasih dan penyayang, yang panjang sabar dan berlimpah kasih setia-Nya. Engkau tidak meninggalkan mereka.” (Neh 9:17).

Nas hari ini mengajar kita untuk senantiasa mengingat kebaikan Tuhan. Jika saat ini kita diberkati dengan materi yang melimpah, tubuh sehat, keluarga utuh dan sebagainya, itu semua karena anugerahNya semata, bukan karena kekuatan kita. Oleh karena itu jangan ada seorang pun dari kita yang memegahkan diri atas hidupnya, tetapi biarlah kita bermegah karena Tuhan. Tetaplah berpegang teguh pada firman Tuhan dan bekerjalah dengan tekun. Keteguhan iman akan menghasilkan berkat sebab Dialah yang berdaulat atas hidup kita, asal kita tetap percaya dan taat bahwa Tuhanlah sumber keselamatan dan anugerah Tuhan (sola gracia). Amin.

04. Berdoa

05. Bernyanyi BE. No. 227:3. Jesus ngolu ni tondingku
Jangkon au baen siseanMu, na girgir tu podaMi
Sai surdukkon ma tanganmu, asa tong hutiop i.

06. Doa Bapa kami – Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s