TUHAN JAMINAN HIDUP


Saat Teduh……………

01. Nyanyian KJ. No. 419:1. “Yesus pimpinlah”
Yesus pimpinlah kami s’lamanya
Hanya di Kau kami ikut, di sepanjang jalan hidup
Tuntun umatMu, masuk rumahMu.

02. Pembacaan Firman
Pagi : Lukas 4:38-44.
Malam : 2 Korintus 1:12-22.

03. Renungan: 2 Samuel 7:11.
Sejak Aku mengangkat hakim-hakim atas umat-Ku Israel. Aku mengaruniakan keamanan kepadamu dari pada semua musuhmu. Juga diberitahukan TUHAN kepadamu: TUHAN akan memberikan keturunan kepadamu.

Janji Tuhan bukan hanya sekedar melepaskan umat-Nya dari tawanan bangsa Babel, melainkan pemulihan disetiap aspek kehidupan umat yang dibebaskan-Nya, yaitu pemulihan dari segi keamanan: tidak akan ada lagi ketakutan dan penindasan; secara ekonomi: dapat meningkatkan ekonomi keluarga dan bangsa, tanpa ada tekanan; segi politik: rakyat Yehuda akan mendapatkan kembali kedaulatan mereka sebagai bangsa yang merdeka dan jati diri sebagai umat milik Allah; dalam kebudayaan: umat akan melaksanakan kewajiban sebagai bangsa penyembah Allah dan tidak ada lagi ketakutan dan saling curiga seperti waktu di Babel. Semua keindahan janji Tuhan itu akan dialami oleh rakyat Yehuda setelah mereka dididik dan dibentuk Tuhan selama 70 tahun dalam penawanan bangsa Babel.

Jika kita memprioritaskan Allah, dalam kerendahan hati, berkat yang datang pada kitapun akan mengalir terus sampai kepada anak cucu kita. Allah tak pernah dusta. Apapun yang dijanjikan itu pasti akan ditepati. Untuk itu kita harus belajar mempercayai janji-janji Allah. Dan untuk mengetahui janji-janji Allah bagi hidup kita ini, maka kita harus rajin membaca Kitab Suci dan merenungkannya setiap saat. Kita meyakini dengan pasti bahwa semua yang dijanjikan Allah itu pasti ditepati jika kita memiliki iman, memiliki kasih kepada Allah dan memiliki kerendahan hati seperti Daud. Dengan demikian kita belajar untuk tidak khawatir akan apapun dalam kehidupan ini karena Allah berjanji bekerja untuk kebaikan kita, dan akan digenapi. Allah itu setia. Biarlah iman kita kepada Yesus Kristus semakin kokoh. Amin.

04. Berdoa

05. Bernyanyi KJ. No. 127:1. Lam Gogo
Lam gogo, Lam gogo, Lam gogo, mardalan ho,
Sion tu Banua ginjang Nang satongkin unang so,
PalitoM baen marsinondang Di na tiur i mardalan ho Lam Gogo, Lam Gogo.

06. Doa Bapa kami – Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s