BERBALIKLAH KEPADA TUHAN


Saat Teduh……………

01. Nyanyian KJ. No. 29:1. “Di Muka Tuhan Yesus”
Di Muka Tuhan Yesus, betapa hina diriku
Kubawa dosa-dosaku, di muka Tuhan Yesus

02. Pembacaan Firman
Pagi : Matius 8:14-17.
Malam : 2 Korintus 1:8-11.

03. Renungan: Zakaria 1:4.
Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN.

Tema utama Pemberitaan Nabi Zakaria adalah: “Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat!” Ada juga suatu istilah yang menarik yang dipakai oleh nabi Yoel tentang panggilan pertobatan, yaitu: “Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu.” Istilah ini penting agar tidak hanya pertobatan dari kulit luar saja tetapi pertobatan dari dalam hati yang sungguh-sungguh. Jika seorang menyesal dan melihat sesuatu yang tidak dapat di terima dalam hatinya maka seseorang mengoyakkan jubahnya sebagai tanda menyesali keadaan. Itu suatu cara menyesali keadaan dan keadaan serupa takkan terulang lagi. Panggilan pertobatan itu bukan hanya manusia dewasa, tetapi seluruhnya anak-anak, pemuda, kaum bapak dan kaum ibu. Bukan hanya mereka yang dianggap moralitasnya tidak benar seperti preman di pasar dan dijalanan, tetapi panggilan pertobatan juga kepada imam-imam, pelayan-pelayan dan pelayan di altar.

Nabi Zakaria hendak mengumumkan bahwa totalitas kesalahan sudah berjemaah bahkan pada orang yang seharusnya penjaga moral seperti imam dan pelayan justru dipanggil untuk bertobat. Di hari Tuhan tidak ada yang tersembunyi, tiada yang ditutup-tutupi dan manusia harus mempertanggungjawabkan hidupnya di hadapan Allah. Apa yang kita baca hari ini adalah mengingat hari Tuhan kita semua menyadari begitu jauhnya hidup kita dari Tuhan. Satu-satunya hal yang dilakukan mengingat hari Tuhan adalah pertobatan. Hukuman segera datang dan akan tiba, berbalik dan bertobat adalah sati-satunya jalan untuk memperoleh pengasihan dan kasih karunia Tuhan. Tinggalkanlah segala perbuatan yang tidak berkenan di hadapan Tuhan, Amin.

04. Berdoa

05. Bernyanyi BE. No.470:1. Jesus Ho nampuna au
Jesus Ho nampuna au, dohot na adong di au
Gogo dohot hosangki, sahat ma tu tanganMi

06. Doa Bapa kami – Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s