Menuju Hidup Kekal


BERNYANYI BE. 263:3 Debatangku do Donganku
Debatangku do donganku, tung na ganggu m’au disi? Nda tongtong hangoluanku. Asi ni rohaNa i? Pos do rohangki disi, Debata do donganki Salelenglelengna i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Roma 5:1-11
Malam: Mazmur 139:1-10

RENUNGAN
Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal.
Yohanes 6:68b

Menuju Hidup Kekal
Nas ini adalah jawaban Simon Petrus ketika Yesus menguji kesungguhan murid-murid-Nya dalam mengikuti-Nya. Yesus mengajarkan beberapa hal mendasar dalam mengikut-Nya,: 1. Mengikut Yesus adalah karunia Allah, sementara sebagian besar orang banyak mengikuti-Nya karena mujizat yang sudah dilakukan-Nya. 2. Percaya sepenuh hati bahwa Yesus adalah Anak Allah yang diutus untuk menyelamatkan manusia, sementara pemahaman mereka Yesus adalah manusia biasa, anak Yusuf. 3. Yesus adalah roti hidup yang turun dari sorga dan memberi hidup selama-lamanya, sementara pemahaman mereka Yesus bukanlah roti, melainkan manusia biasa yang punya kelebihan dibandingkan dengan mereka. 4. Bekerja untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal. Sementara pemahaman murid-murid-Nya pada masa itu, bekerja untuk mendapat makanan bagi tubuh jasmani. Mendengar pengajaran yang sangat berbeda ini, beberapa dari orang banyak yang mengikuti Yesus mengundurkan diri dan tidak lagi mengikuti Dia. Melihat hal tersebut, Yesus berkata kepada kedua belas murid-Nya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Nas ini jawaban Simon Petrus kepada Yesus: Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal.

Apa yang dapat kita petik dari nas ini? Hidup adalah sebuah perjalanan untuk mencapai tujuan. Mengetahui dan menetapkan tujuan akan menentukan sikap kita dalam menjalaninya. Sebagai orang percaya, apakah kita sudah sungguh-sungguh percaya kepada Yesus sehingga kelak memperoleh hidup yang kekal? Jika ya, perlu komitmen, kesungguhan dan keteguhan hati untuk menjalani hidup sesuai dengan firman Tuhan sampai pada kesudahannya hingga memperoleh hidup yang kekal. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-375:1 Saya Mau Ikut Yesus
Saya mau ikut Yesus, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya. Meskipun saya susah, menderita dalam dunia, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s