Hidup Baru


BERNYANYI BE. 30:1. Jesus Lehon Hatorangan
Jesus lehon hatorangan, hapistaran mangantusi hataMi. Lehon mata na marnida dohot roha na umboto dalanMi. Asa tongtong maradophon bohiMi mardalan hami, asa digomgomi TondiMi ma hami.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Kisah Para Rasul 2:26-36
Malam: Yesaya 2:1-6

RENUNGAN
Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
Efesus 4:24

Hidup Baru
Bila kita berbicara tentang “manusia baru” tentu kita akan bertanya apakah ada manusia lama? Bagaimanakah ciri-ciri manusia lama? Seperti tertulis pada Efesus 4:17-19 dikatakan bahwa manusia lama adalah orang orang yang hidupnya tidak mengenal Allah, jauh dari persekutuan Allah, mereka bodoh dan degil hatinya, perasaannya tumpul dan mereka hidup dengan hawa nafsu dan serakah serta penuh kecemaran. Hari-hari ini ada banyak orang yang aktif ke gereja tapi gaya hidupnya masih seperti manusia lama, masih gelap, karakternya masih seperti karakter orang yang belum mengenal Tuhan, tidak berpikir panjang, gampang emosi, mudah terpancing amarah, gampang memilih jalan pintas, sering mengambil keputusan yang keliru, dan menjadi seorang yang masa bodoh terhadap orang lain. Hidup ini adalah pertarungan antara manusia lama dan manusia baru, kalau ingin menang dengan manusia lama, mau tidak mau kita harus membiasakan diri dengan cara-cara Allah dalam menyelesaikan sesuatu. Kita harus berani berkata tidak dengan cara-cara hidup yang lama dan selalu berkata ya dengan kehendak Allah. Memang tidaklah mudah untuk mewujudkannya, tetapi ingatlah kita hanya dituntut untuk “mengenakan” artinya yang menyediakan hidup baru itu adalah Allah, berarti Allah juga yang akan memampukan kita untuk menjalani kehidupan baru itu asal kita berserah kepada Dia pemilik kehidupan itu. Kemenangan akan Tuhan sediakan bagi setiap mereka yang percaya dan yang mengandalkan Tuhan, Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-388:1 S’lamat Di Tangan Yesus
S’lamat di tangan Yesus aman pelukan-Nya. Dalam teduh kasih-Nya aku bahagia. Lagu merdu malaikat olehku terdengar.
Dari neg’ri mulia, damai sejahtera. S’lamat di tangan Yesus aman pelukan-Nya. Dalam teduh kasih-Nya aku bahagia.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s