Mulutmu Harimaumu


BERNYANYI BE 248:2 Saleleng Ho Di Tano on
Sai songon hau na denggan ho ramos parbue ni. Bulungna pe na uli do, antong sai tiru i.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Amos 5:7-13
Malam: Matius 7:15-20

RENUNGAN
Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya.
Matius 12:33a

Mulutmu Harimaumu
Hati adalah akar pohon, bahasa adalah buah. Jika pohonnya baik, buahnya juga akan baik. Jika anugerah bertakhta dalam hati manusia, maka bahasa yang keluar adalah bahasa yang takut akan Tuhan, dan mensyukuri berkat-berkat Tuhan. Hati murni dapat melahirkan kata kata yang murni dan perbuatan yang murni. Akibat dosa manusia, hati murni dalam hati manusia telah hilang, sehingga kata kata dan perbuatan manusia telah berdosa. Pengampunan oleh darah Tuhan Yesus menjadikan hati, kata-kata dan perbuatan manusia dimurnikan kembali. Oleh sebab itu, percaya dan hidup dalam pengajaran Yesus akan melahirkan hati murni, jujur, baik, kasih, berkata berbuat jujur.

Perkataan harus sesuai perbuatan. Tuhan Yesus melayani manusia melalui Firman-Nya. Apa yang dikatakan, sesuai dengan apa yang dilakukannya, Yesus mendidik manusia agar perkataan sesuai dengan perbuatan, agar dalam berkata-kata perlu hati hati, apa yang dikatakan perlu dipertimbangkan apakah menyakiti orang lain, atau kita tidak mampu melakukannya, lebih baik sedikit bicara banyak berbuat. Ada ungkapan: “Mulutmu adalah harimaumu, dan jangan pula lain di bibir lain di hati atau manis di mulut pahit perbuatannya.” Melalui Firman ini, Tuhan Yesus mengajar kita agar kata-kata dan perbuatan kita sesuai, dapat dipercayai, sehingga kebaikan, kejujuran, dan kasih kita tidak sia-sia. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ. 309:1. Biar ‘Ku Tumbuh Di Batang-Mu
Biar ‘ku tumbuh di batang-Mu, ya Pokok Anggur yang benar, supaya Kau hidupkan daku menjadi ranting yang segar. Jika Engkau beri berkat, aku berbuah yang lebat.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s