Pertobatan


BERNYANYI BE 223:2 Husomba Ho Tuhan
Uju na lilu, dao sian Ho. Sai dilului Ho au. Laos jumpang do. Ala ni holong do rohangkinon di Ho. Sai lam gandai holong tu Ho.

PEMBACAAN FIRMAN
Pagi: Mazmur 62:2-5
Malam: Yesaya 43:1-6

RENUNGAN
Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang. Lukas 19:10

Pertobatan
Zakheus adalah seorang kepala pemungut cukai, yang bekerja pada pemerintahan Romawi. Ia menjadi kaya dari pekerjaannya karena memungut lebih dari yang seharusnya. Dia dibenci oleh orang banyak karena ketamakannya dan tidak seorangpun mau berteman dengannya karena dia dianggap sebagai seorang pendosa yang harus dijauhi. Berbeda dengan orang banyak, Yesus justru memanggil nama Zakheus dan menyuruhnya turun dari atas pohon karena Dia mau menumpang di rumahnya (Luk. 19:5). Zakheus sangat bersukacita dan berkata: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat” (Luk. 19:6).

Kita sering menghakimi orang lain akan kesalahannya tanpa kita sendiri menyadari bahwa kita pun adalah orang yang penuh dosa. Kita sering menganggap diri kita lebih suci daripada para koruptor, pencuri, pembunuh dan lain-lain., yang secara hukum dapat dibuktikan kesalahannya. Bagaimana dengan dosa kita sendiri? Seberapa jauh kita merenungkan dosa-dosa kita, bahkan keinginan-keinginan jahat yang baru ada di dalam hati dan pikiran kita? Besar dan kecil dosa yang kita lakukan bukanlah ukurannya. Mari tunduk dan berdoa kepada Tuhan, memohon ampun untuk segala dosa dan pelanggaran kita yang sudah mendukakan hati Tuhan dan berjanji untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama, sebab “Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi” (Amsal 28:13).

BERDOA

BERNYANYI KJ. 460:1 Jika jiwaku berdoa
Jika jiwaku berdoa kepada-Mu Tuhanku
Ajar aku t’rima saja pemberian tangan-Mu
Dan mengaku s’perti Yesus di depan sengsara-Nya
Jangan kehendakku Bapa, kehendak-Mu jadilah.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s