LATIHAN OLAH ROHANI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-475 Tuhan Jesus Siparmahan
Ho tongtong ihuthononhu Jesus Sipangolu au. Tung na so tadinghononhu Ho na paluahon au. Sai marguru au tu Ho, sai marguru au tu Ho. Ho tongtong ihuthononhu, Jesus Sipangolu au.

PEMBACAAN FIRMAN
Fil. 3:1b-3 (Pagi)
Kel. 23:24-26 (Malam)

RENUNGAN
1 Timotius 4:7-8
Tetapi jauhilah takhayul dan dongeng nenek-nenek tua. Latihlah dirimu beribadah. Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik untuk hidup ini maupun untuk hidup yang akan datang.

LATIHAN OLAH ROHANI
Ayat renungan di atas bagian dari nasihat Paulus kepada Timotius agar bisa menjadi pelayan Firman Tuhan yang baik dan berhasil. Paulus merasakan bahwa tanpa beribadah yang tekun seseorang akan dengan mudahnya dipengaruhi orang lain atau disesatkan dengan ajaran-ajaran takhayul. Paulus juga mengatakan bahwa manusia itu perlu melakukan latihan badan atau olah raga jasmani untuk kesehatannya, tapi itu ada batasnya juga. Namun yang lebih penting lagi adalah beribadah atau latihan olah rohani karena beribadah itu berguna dalam segala hal yang mengandung janji keselamatan untuk hidup di zaman now dan juga untuk hidup yang akan datang.

Banyak kejadian atau peristiwa yang terjadi saat ini membuat manusia menjadi ragu akan pertolongan Tuhan. Kesulitan kehidupan dan permasalahan yang ditimbulkannya membuat orang itu jadi risau, marah, khawatir, stress dan berputus asa. Sehingga sebagian orang mencari solusi dengan mencari wangsit ke daerah-daerah sakral dan terpencil, berharap para roh-roh akan memberikan rezeki berlimpah bagi mereka. Namun yang didapat adalah kesia-siaan belaka bahkan ada yang sampai meninggal dunia ataupun gila. Ayat hari ini mengingatkan kita untuk kembali kepada Allah, karena hanya Dialah yang Mahakuasa, yang mampu menolong kita. Dan untuk bisa dekat dengan Allah, kita harus tekun beribadah, sehingga Firman Tuhan yang kita peroleh dapat menjadi kekuatan bagi kita dan memampukan kita selamat di dunia ini bahkan selamat juga di kehidupan yang akan datang. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-446:4 Setialah
Setialah kepada Yang Menang, meski maut kautempuh. Setialah sehabis berperang terima upahmu: mahkota hidup diberi-Nya, kau masuk dalam t’rang ceria setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s