GARAM DUNIA


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-227:1 – Jesus Ngolu Ni Tondingku
Jesus ngolu ni tondingku, Ho do haporusanki. Gok di Ho nama diringku,
ro di nasa langkangki.

PEMBACAAN FIRMAN
Roma 12:2-3 (Pagi)
Kel. 12:24-27 (Malam)

RENUNGAN
Matius 5:13
“Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang.

GARAM DUNIA
Fungsi garam adalah menghambat pembusukan dan memberikan rasa. Sungguh terasa hambar jika makanan yang kita jumpai tidak dibubuhi garam dan tentu cepat busuk. Fungsi inilah yang diharapkan dari kita sebagai orang Kristen. Kita sebagai umat-Nya harus dapat menjaga dan memelihara ajaran-Nya tidak akan busuk dengan memberikan dampak yang baik, memberikan keindahan dalam kehidupan di masyarakatnya. Tuhan memanggil murid-murid-Nya hadir di dalam dunia untuk memberikan dampak, yaitu: damai, kasih, sukacita kepada orang-orang sekitar kita. Namun ada banyak dari kita yang justru memberikan kepedihan kepada dunia. Misalnya ketika orang-orang yang mengaku Kristen ini dengan gampang menghakimi sesamanya, gampang menuduh, suka menghina, dan lain-lain.

Apakah mungkin garam kehilangan rasa asinnya? Yang namanya garam tentunya tetap asin. Akan tetapi jika garam sudah banyak bercampur dengan lumpur atau tanah, tentu akan menjadi hambar dan tidak berguna. Garam tersebut akan dibiarkan untuk diinjak orang. Apabila kita gagal menjadi menjadi saksi Tuhan yesus, tidak besikap kasih, tidak mengambarkan firman Tuhan, maka kita gagal dan akan kehilangan rasa asin. Kita minta kekuatan Roh Kudus agar kita dikuatkan di dunia ini melaksanakan fungsi kita sebagai garam dunia. Rasa asin kita akan terlihat dari kata-kata kita sehari-hari. Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar (diasinkan dengan garam-versi terj lama), sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang. Kolose 4 ayat 6. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-240a:1 Datanglah, Ya Sumber Rahmat
Datanglah, ya sumber rahmat, selaraskan hatiku menyanyikan kasih s’lamat yang tak kunjung berhenti. Ajar aku madah indah, gita balai sorga-Mu. Aku puji gunung kokoh, gunung pengasihan-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s