BERKOMUNIKASI DENGAN BIJAK


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-15:1 – Aut Na Saribu Hali Ganda
Aut na saribu hali ganda saringar ni soarangki. Naeng nasa gogo bahenonku mamuji Debatantai. Paboa las ni rohangki hinorhon ni pambaenna i.

PEMBACAAN FIRMAN
Mat. 18:21-35 (Pagi)
Kel. 2:11-14 (Malam)

RENUNGAN
Matius 9:26
Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.

BERKOMUNIKASI DENGAN BIJAK
Dalam Mateus 9:18-26 diceritakan tentang dua muzijat yang Tuhan Yesus lakukan. Pertama, Tuhan Yesus menyembuhkan seorang perempuan yang mengalami pendarahan selama 12 tahun lamanya yang mana perempuan tersebut mempunyai keyakinan hanya dengan menyentuh jubah Yesus dia akan sembuh. Yang kedua, Yesus menghidupkan kembali anak perempuan dari pemimpin rumah ibadat yang sudah meninggal dunia. Kedua perbuatan inilah yang tersebar ke seluruh daerah dan membuat semakin banyak orang mengikut Yesus dan semakin banyak orang yang sakit datang untuk disembuhkan.

Dari penjelasan tadi kita melihat bahwa perbuatan baik akan mudah tersebar kepada masyarakat, yang akan membawa kebahagiaan dan damai sejahtera. Akan tetapi apabila perbuatan jahat atau perbuatan negatif kita yang diberitakan maka masyarakat akan menjauh dan mem-“bully” kita, apa lagi pada jaman “Now” media komunikasi semakin canggih seperti FB, WA, Line, Twitter dan lain sebagainya, akan sangat sulit untuk menutupi semua perbuatan jahat. Demikian juga untuk perbuatan yang baik akan sangat mudah untuk tersebar. Bahkan ada yang memanfaatkan media komunikasi untuk sekedar “pencitraan” untuk meraih simpati orang apalagi pada masa Pilkada, pilleg sekarang. Juga dalam menggunakan media komunikasi ada risiko hukum yang harus dihadapi yaitu undang-undang ITE yang dapat membawa penggunanya ke penjara. Untuk itulah di dalam menggunakan media komunikasi, kita harus bijak dan berpedoman kepada 1 Korintus 10:23-33 yang intinya bahwa dalam menggunakan media komunikasi kita harus memperhatikan manfaat dan menjadi berkat bagi orang lain. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ- 57:3 Yesus Lihat Umat-Mu
Sinar mahamulia lahir dari Allah Bapa, buka dan siapkanlah hati, mulut, pendengaran: biar doa dan nyanyian berkenan padaMu, Tuhan!.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s