HOAX NO, KEBENARAN YES


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-369:1 O Jesus Panondang
Na marhahaanggi, hita sasude. Ndang mardia imbar manang ise pe. Asing be hatanta, nang luatta pe. Sada do Amanta i taingot be.

PEMBACAAN FIRMAN
Yak. 4:11-12 (Pagi)
Gal. 2:11-14 (Malam)

RENUNGAN
Titus 3:2
Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

HOAX NO, KEBENARAN YES
Belakangan ini kita sering mendengar kata hoax . Kurang lebih artinya fitnah. Fitnah berakar dari dusta. Kata Yunani yang dipakai untuk dusta adalah “Pseudomartureo” yang juga berarti bohong, tidak benar, khianat, tidak setia ataupun palsu. Sedang hoax merupakan serapan dari bahasa Yunani “Hocus” yang artinya menipu. Hoax dimaksudkan untuk menipu orang lain dengan menyebarkan informasi palsu. Benang merahnya, fitnah dan hoax sama-sama dilandaskan pada dusta, sesuatu yang palsu dan menipu. Motifnya macam-macam. Bisa urusan bisnis, politik, agama, menjatuhkan kredibilitas orang lain, membunuh karakter, dan sebagainya.

Alkitab menyatakan perilaku ini sangat terlarang dan harus kita jauhi. Mengapa? Pertama, fitnah, hoax dan sejenisnya adalah ciri khas Iblis dan mereka yang melakukannya adalah ‘anak’ Iblis (band. Yoh 8:44). Kedua, fitnah dan hoax itu menimbulkan pertengkaran dan perpisahan. Fitnah dan hoax memang ditujukan untuk menipu orang lain dan menyebabkan perpecahan. Amsal 16:28 berkata orang yang curang menimbulkan pertengkaran, dan seorang pemfitnah menceraikan sahabat yang karib. Fitnah itu seperti gada atau pedang atau panah yang tajam (Ams. 25:18), ia sangat melukai. Lantas, apakah ganjaran bagi si pemfitnah atau penyebar hoax? Pertama, pemfitnah akan dipermalukan dan dijauhi. Kedua, pemfitnah kehilangan peluang masuk ke dalam kerajaan Allah. Ketiga, pemfitnah akan dihukum berat oleh Tuhan. Paulus menuturkan bahwa orang yang memfitnah orang lain layak mendapat hukuman dari Tuhan. Fitnah atau berita bohong (hoax) merusak sendi-sendi kehidupan bangsa, masyarakat, gereja, keluarga, dan pribadi. Maka, seharusnyalah kita menghindarinya dan sebagai anak Tuhan hendaklah kita hidup dalam damai dan rukun. Hindarilah fitnah dan pertengkaran. Hendaknya kita hidup damai dan kasih serta memegang teguh Firman Tuhan. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-419:1 Yesus Pimpinlah
Yesus pimpinlah kami s’lamanya. Hanya di Kau kami ikut, di sepanjang jalan hidup. Tuntun umat-Mu, masuk rumah-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s