KEMERDEKAAN HARUS DIPERJUANGKAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-121:1 Jesus Raja ni Huria
Jesus Raja ni huria na porsea na badia, pasupasu ma au on. Sai sungguli ma rohangku mangihuthon Ho, Rajangku; pargogoi ma au tongtong, pargogoi ma au tongtong.

PEMBACAAN FIRMAN
Titus 3:1-7 (Pagi)
Yer. 34:8-17 (Malam)

RENUNGAN
2 Korintus 3: 17
“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

KEMERDEKAAN HARUS DIPERJUANGKAN
Kemerdekaan merupakan suatu bentuk kebebasan. Orang Kristen adalah orang-orang yang bebas. Tuhan Yesus mati di kayu salib menebus lunas dosa kita dari hukuman maut. Meski nyatanya manusia masih membuat belenggu-belenggu ketidakbebasan atas manusia lainnya atau atas makhluk hidup lainnya. Dengan demikian kemerdekaan atau kebebasan bagi umat manusia harus terus diperjuangkan. Dulu manusia memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan atas manusia lainnya atau bangsa lainnya, kini manusia berjuang untuk bebas dari kemiskinan, bebas dari ketakutan, ketidakadilan dan diskriminasi. Bebas merdeka dari tirani minoritas dan dari dominasi mayoritas. Kebebasan bagi orang Kristen bukanlah kebebasan yang tanpa batas atau kebablasan. Dalam hidup bermasyarakat tentu ada aturan dan ada kewajiban-kewajiban yang harus kita penuhi. Taatilah aturan dan kewajiban yang sudah disepakati dan memang perlu ditaati khususnya untuk kehidupan bersama di ruang publik, serta hukumlah para pelanggar aturan. Demikian pula di gereja, kita diwajibkan untuk mentaati aturan peraturan gereja.

Saudara, kemerdekaan atau kebebasan bagi orang Kristen adalah kebebasan yang didasari oleh Roh Kudus. Salah satu contoh kebebasan bagi orang Kristen adalah kebebasan untuk berfikir dan berbuat bagi kebaikan diri sendiri, keluarga, orang lain dan bagi semua makhluk. Kebebasan berfikir dan berbuat membuat orang Kristen menjelajah dunia dan alam semesta. Manusia menguasai teknologi untuk membuat pesawat, roket, obat-obatan, dan lain sebagainya untuk kebaikan umat manusia dan semua makhluk ciptaan Tuhan. Hal-hal duniawi yang tidak masuk akal atau dahulu dilarang janganlah dijadikan hambatan bagi orang Kristen untuk bebas berfikir dan berbuat (lih. Mat. 12:10-13).

BERDOA

BERNYANYI KJ-401: 1 Makin Dekat, Tuhan
Makin dekat Tuhan, kepada-Mu; walau pun saliblah mengangkatku, inilah laguku: Dekat kepada-Mu; makin dekat, Tuhan, kepada-Mu.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s