SEHAT JASMANI & ROHANI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-12: 1. Dipuji Rohangkon Do Ho
Dipuji rohangkon do Ho, Jahowa Tuhanki. Huhut hubaritahon do sude pambaenanMi.

PEMBACAAN FIRMAN
Luk. 12:16-21 (Pagi)
Kej. 3:1-7 (Malam)

RENUNGAN
1 Korintus 10: 31
Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

SEHAT JASMANI & ROHANI
Bicara tentang makan dan minum, hal yang pasti dan rutin, yang kita lakukan setiap hari. Tapi justru dalam hal ini Paulus mengingatkan kita bahwa segala sesuatu tindakan dalam kehidupan kita haruslah memuliakan Tuhan, termasuk makan dan minum. Sebelum makan dan minum, apakah saudara sudah berdoa untuk mensyukuri anugerah Tuhan untuk makan dan minum itu? Bukankah makanan dan minuman adalah berkat Tuhan dan semuanya diciptakan-Nya bagi kita? Jika kita makan dan minum, apakah juga memikirkan bahwa sebaiknya makan secukupnya? Demikian juga apakah kita memikirkan bahwa kesehatan dan kekuatan tubuh kita penting untuk memuliakan dan memuji Tuhan sehingga kita harus makan dan minum sesuai dengan kebutuhan tubuh kita dan tidak berlebihan.

Dalam segala hal dibutuhkan penguasaan diri, termasuk dalam hal makanan. Walau mungkin pilihan makanan kita sangat sederhana, berusahalah sebaik mungkin memilih makan sehat dan bernutrisi baik bagi tubuh kita. Tema HKBP tahun ini adalah kesehatan. Karenanya gereja kita mendorong jemaat untuk juga makan dan minum dengan secukupnya. Tanggung jawab besar harus diwujudkan dalam kebiasaan makan dan minum yang benar. Makanan yang dimakan harus merupakan nutrisi yang terbaik bagi pembentukan darah. Organ-organ pencernaan yang sensitif harus dijaga supaya berfungsi dengan baik. Tuhan mewajibkan kita, melalui penguasaan diri, untuk melakukan bagian kita dalam usaha menjaga kesehatan kita sendiri.

Makan dan minum sesuai dengan aturan kesehatan akan mendorong tindakan yang baik. Jika tubuh kita sehat kita akan lebih leluasa untuk bekerja dalam berbagai bidang untuk kesejahteraan hidup kita. Jika kita sehat kita akan lebih leluasa untuk bekerja memuji dan memuliakan Tuhan dalam lingkungan masyarakat dan gereja kita. Amin

BERDOA

BERNYANYI KJ-285: 2. Tuhankulah Gembalaku
Tuhankulah Gembalaku; oleh-Nya ‘ku tent’ram. Di padang hijau yang segar, di pinggir air tenang.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s