AKULAH TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-730: 1. Sai Patau Ma Au Tuhan
Sai patau ma diringku ale Tuhan, Papatarhon HinauliMi Tuhan, Suru ma tondiMi saor tu rohangki, Lao papatar HolongMu tu donganki.

PEMBACAAN FIRMAN
1 Tim. 6: 17-19 (pagi)
Pengk. 9: 8-10 (malam)

RENUNGAN
Keluaran 6: 6
Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.

AKULAH TUHAN
Setiap orang membutuhkan jaminan yang pasti di saat hidup ini, di tengah kehidupan yang terus berhadapan dengan ketidakpastian. Ada yang merasa aman dan terjamin dengan harta berlimpah, jabatan tinggi dan tingkat sosial yang mapan. Persoalannya, semua yang dianggap bisa menjamin, dapat lenyap dengan seketika. Yang dianggap dapat menjamin hidup, justru memerlukan jaminan agar terus ada. Adakah jaminan yang pasti?

Musa diperintahkan Tuhan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tempat yang Tuhan sudah janjikan. Ia diperintahkan untuk mendatangi Firaun. Ada keraguan dalam diri Musa. Terbukti ia pun mengatakan, “… aku seorang yang berat lidahnya!” Keraguan atas dirinya dapat berkata di depan bangsa Israel dan terlebih di hadapan Firaun. Ada kebimbangan apakah ia sanggup untuk memimpin suatu bangsa yang besar menuju satu tempat baru. Tuhan tahu betul isi hati Musa. Oleh sebab itu Tuhan memberikan jaminan, yaitu diri-Nya sendiri dengan berkata tegas, “Akulah TUHAN!” Jaminan yang luar biasa. Jaminan yang diikuti dengan pernyataan-Nya sendiri, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat. Janji yang sungguh menenangkan Musa.

Apakah hari ini kita membutuhkan jaminan agar hidup kita baik? Jaminannya adalah Tuhan sendiri. Bisa jadi hidup kita tidak selamanya mulus dan lancar, ada riak dan gelombang besar yang siap menghempas. Jaminan Tuhan adalah penyertaan-Nya, kekuatan-Nya dan pertolongan-Nya setiap saat. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-408: 1. Di Jalan ‘Ku Diiring
Di jalanku ‘ku diiring oleh Yesus Tuhanku. Apakah yang kurang lagi, jika Dia Panduku? Diberi damai sorgawi, asal imanku teguh. Suka-duka dipakaiNya untuk kebaikanku; Suka-duka dipakaiNya untuk kebaikanku

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-Amin-Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s