MEMELIHARA KEUTUHAN CIPTAAN TUHAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE 299:1 Debata do Manggomgomi
Debata do manggomgomi, langit dohot tano on. Haholomon digomgomi dohot hatiuron on. Dirajai tanganna i, nasa tinompa i.

PEMBACAAN FIRMAN
Ef. 2:10-14 (Pagi)
Maz. 8:4-10 (Malam)

RENUNGAN
Ulangan 20:19
Apabila dalam memerangi suatu kota, engkau lama mengepungnya untuk direbut, maka tidak boleh engkau merusakkan pohon-pohon sekelilingnya dengan mengayunkan kapak kepadanya; buahnya boleh kaumakan, tetapi batangnya janganlah kautebang; sebab, pohon yang di padang itu bukan manusia, jadi tidak patut ikut kau kepung.

MEMELIHARA KEUTUHAN CIPTAAN TUHAN
Tuhan tidak hanya memperhatikan kehidupan manusia, justru secara tidak langsung dengan memperhatikan kehidupan dari tumbuhan, hewan dan lain sebagainya, keberlangsungan hidup manusia terpeliharan. Untuk itu, perlu dan sangat penting memelihara keutuhan ciptaan Tuhan akan semuanya kehidupan berlangsung dengan baik. Saking pentingnya, ketika manusia berperang, maka diaturkan akan tetap menjaga keberlangsungan hidup dari pohon-pohonan dengan tidak menebangnya. Lihatlah apa yang menjadi kebutuhanmu dan ambillah secukupnya dan janganlah sampai amarahmu mengalir kepada yang tidak semestinya. Ambillah buahnya dan jangan tebang pohonnya. Tapi, pohon yang tidak menghasilkan buah, boleh ditebang tapi itu pun untuk keperluan yang semestinya (ayat 20).

Nas ini sangat relevan pada masa kini. Di tengah pembangunan yang terus menerus membuat lahan untuk tumbuhan tergerus berkurang, pembakaran hutan untuk mencipta lahan perkebunan yang sejenis, pembalakan kayu yang rakus, dan sebagainya; Nas ini menjadi sangat nyaring dan tegas agar semua tindakan di atas dihentikan dan dapat dikelola dengan baik. Kepentingan sepihak atau sekelompok jangan sampai merusak kebutuhan dari orang banyak. Dewasa ini gereja bersama pemerintah telah melihat hal ini, sehingga sangat dibutuhkan kerjasamanya bahkan semua pihak untuk dapat mengelola alam dan segala kekayaan yang dikandungnya dengan baik. Salah satu di antaranya dengan menggalakkan untuk: “Menanam pohon.” Gerakan ini bisa secara lokal tapi jika dilakukan secara berantai maka bisa menjadi sebuah gerakan global untuk perbaikan keutuhan ciptaan Tuhan.

BERDOA

BERNYANYI KJ No. 19:2 Tuhanku Yesus
Indah tamasya, indah sawah ladang sungguh elok berseri; yang lebih indah Kau, Tuhan Yesus: Engkau menghibur yang sedih.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s