ALLAH MENGHENDAKI PERTOBATAN


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-467:1 Asi Ni Roham Hupuji
Asi ni rohaM hupuji ala Ho manobus au. Dipaias Ho rohangku, gabe soranganMu au. IngananMu rohanami, TondiMi manggohi i, Pangke dohot ngolunami gabe ula-ulaMi.

PEMBACAAN FIRMAN
Why. 7:2-3 (Pagi)
Yes. 51:1-5 (Malam)

RENUNGAN
Yoel 2:21-22
Jangan takut, hai tanah, bersorak-soraklah dan bersukacitalah, sebab juga TUHAN telah melakukan perkara yang besar! Jangan takut, hai binatang-binatang di padang, sebab tanah gembalaan di padang gurun menghijau, pohon menghasilkan buahnya, pohon ara dan pohon anggur memberi kekayaannya.

ALLAH MENGHENDAKI PERTOBATAN
Bangsa Yehuda mendapat hukuman karena pemberontakan dan ketidaktaatannya kepada Allah. Kehancuran terjadi, Tuhan menghukum dengan tulah belalang. Akibatnya ladang tidak menghasilkan apa-lagi lagi, semua tanaman menjadi kering, padang rumput tidak ada lagi akibatnya lumbung-lumbung kosong, manusia dan semua hewan-hewan gembalaan kelaparan (Yoel 1:1-20). Jikalau umat berbalik dari dosa-dosa mereka kepada Allah, Ia akan mengasihani mereka.

Sifat Allah ialah menunjukkan belas kasihan dan kemurahan kepada umat dengan pertobatan yang sungguh-sungguh, Allah yang mengasihi, tidak menginginkan hidup umat-Nya dalam penderitaan dan Tuhan tidak untuk selamanya menghukum umat yang tidak taat atau melawan perintah-Nya. Nabi Yoel meminta umat bertobat yaitu meningkatkan perkabungan, bersyafaat kepada Allah dengan puasa dan doa siang dan malam. Allah menjawab doa-doa umat-Nya yang dipanjatkan dengan rendah hati dan dari hati yang bertobat. Buah dan hasil pertobatan mereka inilah nas bacaan kita hari ini. Bumi memberikan hasil yang melimpah sehingga kehidupan umat sejahtera kembali.
Setiap manusia tidak lepas dari kesalahan dan dosa dan akibatnya tentu akan mengalami penderitaan. Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat (Rm 2: 9a ). Karena kasih-Nya Tuhan Allah tidak menghendaki kita hidup dalam penderitaan dan kuasa dosa maka Dia rela mengorbankan Anak-Nya Yesus Kristus untuk keselamatan kita dan yang mempercayai-Nya akan memperoleh hidup yang kekal. Marilah kita bertobat meninggalkan perbuatan yang tidak berkenan di hati Tuhan karena itulah yang dikehendaki-Nya. Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ 375: 1 Saya mau ikut Yesus
Saya mau ikut Yesus, saya mau ikut Yesus sampai selama-lamanya. Meskipun saya susah, menderita dalam dunia, saya mau ikut Yesus sampai selama-lamanya.

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s