BERSERAH DIRI


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-769: 1. Tu Debata Do Panghirimon
Tu Debata do panghirimonki, Di tano laut nang awangawang i, Ibana do haposanki, tongtong do di ramoti langkangki. Torop pe mara manahopi au, Debatangki do sumarihon au, pos rohangki, sonang do au Ibana do na mandongani au

PEMBACAAN FIRMAN
Kej. 1:29-31 (Pagi)
Yes. 41:19-20 (Malam)

RENUNGAN
Zakaria 11:2
Merataplah, hai pohon sanobar, sebab sudah rebah pohon aras dan sudah dirusakkan pohon-pohon yang hebat! Merataplah, hai pohon-pohon tarbantin Basan, sebab telah rata hutan yang lebat itu !

BERSERAH DIRI
Nas ini adalah nubuatan nabi zakharia kepada umat Israel yang selalu melukai hati Tuhan. Zakharia menubuatkan bahwa segala sesuatu yang ada di wilayah tanah Israel akan menjadi rusak, termaksud pohon aras dan pohon sanobar akan terbakar habis oleh api. Pohon aras dan sanobar digambarkan sebagai simbol kekuatan. Pohon ini memiliki ketahanan dan kekuatan yang begitu luar biasa, sehingga sering dijadikan bahan untuk pembangunan rumah ibadah dan peralatan perang. Selain itu pohon ini juga memiliki bau aroma yang sangat harum. Alkitab mengatakan istana Salomo yang sangat megah dipenuhi dengan bahan-bahan yang terbuat dari pohon aras (1 Raj 5:10, 1 Raj 7:3, 11).

Kesuksesan dan kekayaan yang kita miliki di dunia ini hanyalah sementara, sebentar saja bisa lenyap. Apa yang bisa kita banggakan? Siapakah kita ini sehingga harus bermegah dalam kekuatan, kepandaian, dan kekayaan kita? Oleh karenanya tidak patut bagi kita untuk menyombongkan diri dengan prestasi yang kita raih, harta yang berlimpah, gelar yang kita miliki, sebab semuanya tidak berarti apa-apa di pemandangan Tuhan, sebab “Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati.” (1 Sam. 16:7b). Hati yang tulus adalah tempat yang tepat untuk Roh Kudus tinggal, sebab dari situlah terpancar kehidupan. Jika kita dapat menjaga hati untuk tetap taat dan setia pada perintah-Nya, kita akan merasakan betapa tidak berartinya hidup ini tanpa Tuhan. Untuk itu kita harus sadar bahwa hidup kita ini sangat ditentukan oleh perkataan dan kuasa Tuhan semata; Dia yang meninggikan dan merendahkan juga. Jadi, di luar Dia, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Karena itu jangan sekali-kali kita menyombongkan diri! Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-64 : 2 Bila Kulihat Bintang Gemerlapan
Ya Tuhanku, pabila kurenungkan pemberianMu dalam Penebus, ‘ku tertegun: bagiku dicurahkan oleh PutraMu darahNya kudus. Maka jiwaku pun memujiMu: “Sungguh besar Kau, Allahku!” Maka jiwaku pun memujiMu: “Sungguh besar Kau, Allahku!”

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin-amin-amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s