KUASA DARI ALLAH


PANGGILAN BERIBADAH
Kita hidup oleh belas kasihan Tuhan, karena itu marilah kita beribadah dan memuji nama-Nya setiap hari. Amin.

BERNYANYI BE-504:1 Ditogu Tuhan Jesus Au
Ditogu Tuhan Jesus au, ido na mangapuli au. Di ganup dalan nang tung maol tanganNa do tongtong huhaol. Ditogutogu Jesus au tanganNa sai maniop au. Tongtong ma siseanNa au, paima boi tu surgo lao.

PEMBACAAN FIRMAN
Yes 19:5-8 (Pagi)
Habakuk 3:17-19 (Malam)

RENUNGAN
Kejadian 1:26
Berfirmanlah Allah : ”Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.

KUASA DARI ALLAH
Ayat renungan di atas bagian dari kisah penciptaan manusia oleh Allah Yang Maha Kuasa. Manusia diberi tugas untuk beranak cucu, penuhi dan taklukkan bumi dan berkuasa atas segala binatang ciptaan Tuhan di alam semesta ini. Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling unik dan istimewa, karena manusia itu diciptakan menurut gambar Allah. Sejarah perjalanan manusia menunjukkan bahwa keistimewaan tersebut banyak disalahgunakan oleh manusia dengan menggunakan kekuasaan tersebut untuk kepentingan diri atau kelompok sendiri, menindas manusia lainnya, merusak alam dan binatang ciptaan Tuhan, dan juga ada yang menghilangkan keistimewaan menurut gambar Allah itu dengan melakukan dosa dengan bertingkah seperti binatang yang tidak menggunakan akal dan pikiran yang sehat tapi menggunakan naluri binatang dalam kehidupannya. Bagaimana dengan kehidupan kita di saat ini? Yang tanpa kita sadari, sekarang ini sudah berada di pertengahan tahun 2018, serasa waktu itu berjalan sangat cepat, dan kita terkadang lupa mengevaluasi apa yang telah kita perbuat sebagai manusia ciptaan yang istimewa dari Allah Sang Pencipta. Nas hari ini mengingatkan kita untuk segera mengadakan evaluasi total terhadap apa yang telah kita hasilkan sebagai pertanggung jawaban kita atas kuasa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Apapun dosa atau pelanggaran yang telah kita lakukan di masa lalu hingga hari ini, mari bertobat kepada Tuhan, mari kita perbaiki, mari kita fokus kepada kuasa itu sendiri, mari kita fokus kepada keistimewaan menurut gambar Allah. Artinya mari kita lakukan segala sesuatu dalam kehidupan ini seturut Firman Tuhan yang disimpulkan dalam satu kata yaitu “KASIH” dan jaga tubuh dan pikiran kita jangan sampai jatuh ke dalam dosa. (Rm 5:12). Amin.

BERDOA

BERNYANYI KJ-446:4 Setialah
Setialah kepada Yang Menang, meski maut kautempuh. Setialah sehabis berperang terima upahmu: mahkota hidup diberi-Nya, kau masuk dalam t’rang ceria setialah!

DOA BAPA KAMI
BERNYANYI
Amin, Amin, Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s